alexa

PABSI Balikpapan Siapkan 10 Lifter di Pra Porprov

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Cabor angkat besi Balikpapan semakin serius menatap Pra Porprov tahun ini. Sebanyak 10 atlet telah dipersiapkan. Target mereka, meloloskan sebanyak-banyaknya atlet ke putaran final Porprov tahun depan.

Sejak dua bulan terakhir, Pengkot Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Balikpapan telah menggenjot atletnya. Persiapan dini ini berkorelasi dengan target mereka yang ingin mementaskan sebanyak mungkin lifter Kota Minyak di putaran final. Yang syaratnya sudah diketahui sejak awal, yakni minimal meraih medali perak di Pra Porprov.

Total ada 10 atlet yang bakal diturunkan pada babak kualifikasi multi event tersebut. Lima putra dan lima putri. Di kategori putra ada nama Natanael F Gurning, Eliazer K Gurning, Ebenhaezer N Langi, Angga Romansyah, dan Karsten D Gurning.

Sementara sektor putri diperkuat Lisa Setiawati, Syalfa Aryani, Jumatin Khofifa, Bernanda F Dwi, dan Alvina Wijaya.

“Atlet angkat besi sudah intensif berlatih menyambut kualifikasi Porprov, yang rencananya berlangsung Juni di Samarinda. Semoga mereka bisa maksimal,” ujar pelatih angkat besi Balikpapan Parlin Gurning, Rabu 14 April 2021.

Baca Juga:  Persiapan Pra Porprov, 3 Daerah Latihan Bersama

Menurut Parlin, atlet yang akan membela panji Kota Minyak sudah kerap diperingatkan untuk tidak menyepelekan Pra Porprov. Walau hanya ajang kualifikasi, tapi KONI Balikpapan sejak jauh hari telah menetapkan zona minimal untuk atlet yang bisa diberangkatkan ke Berau.

“Jadi kalau mereka mau tampil di Berau, wajib jadi juara 1 atau minimal juara 2 Pra Porprov,” tambah pria yang juga Wakil Ketua Binpres PABSI Balikpapan tersebut.

Di luar kesepuluh atlet tersebut, PABSI Balikpapan sudah punya kekuatan lain yang secara otomatis masuk ke putaran final. Tanpa perlu menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu. Mereka adalah Edi Kurniawan dan Triyatno.

“Edi saat ini merupakan atlet Kaltim yang akan tampil di PON Papua. Sedangkan Triyatno sedang persiapan menuju SEA Games dan berlatih di Jakarta,” tambahnya.

Edi dan Triyatno sejauh ini masih jadi harapan terbesar Kota Minyak meraup emas di cabor tersebut. Edi diketahui akan bermain di kelas 81 kg. Sedangkan Triyatno kelas 69 kg. 

“Untuk di nomor putra kita berpotensi juara umum. Jika kita bawa pulang empat emas dari delapan yang diperebutkan,” katanya.

Baca Juga:  PB Porprov Segera Gelar Rakor

Sementara untuk di nomor puteri, Balikpapan masih mengandalkan lifter Pelatnas Lisa Setiawati. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply