ngopi

10 Menu Pilihan Sahur selama Ramadan

MASIH bingung menyusun menu sahur Anda? Biasanya menu sahur akan terasa sangat spesial. Apalagi jika disantap bersama keluarga tercinta. Tak ada salahnya Anda membuat berbagai hidangan yang agak istimewa.

Persiapkan dari sehari sebelumnya agar tak terburu-buru masak saat sahur tiba. Berikut beberapa inspirasi menu sahur yang bisa Anda buat untuk keluarga.

Pertama, ayam kecap. Ayam kecap dengan rasa yang manis dan gurih bisa membuat selera makan Anda bertambah. Rasanya yang manis bisa membantu membuat perut lebih nyaman karena tanpa sambal. Menu ini juga dianggap aman untuk sajian sahur di bulan Ramadan.

Kedua, mi godog Jogja. Mi godog bisa jadi menu sahur yang bisa menghangatkan perut. Selain itu, menu mi pun juga termasuk menu yang mudah diolah dan cepat.

Ketiga, nasi goreng. Nasi goreng adalah menu tradisional yang murah, meriah dan mudah untuk dibuat. Bahkan di saat-saat last minute. Namun agar tak bosan, ada beberapa resep dan variasi nasi goreng yang bisa Anda tiru. Mulai dari rasa, topping, sampai variannya yang nikmat.

Keempat, ayam goreng mentega. Selain ayam goreng kecap, Anda juga bisa membuat menu sahur dengan ayam goreng mentega. Rasa ayamnya yang legit dan gurih bakal membuat Anda berselera makan saat sahur.

Kelima, nasi mentai. Jika ingin sajian nasi saat sahur, nasi mentai yang kekinian juga bisa jadi inspirasi sahur Anda. Namun kalau biasanya nasi mentai harus dimasak dengan oven, ada juga resep nasi mentai yang tak butuh oven.

Keenam, udang goreng kemiri. Seafood juga bisa jadi inspirasi menu sahur Anda. Udang yang kaya nutrisi ini bakal membantu Anda memberikan energi dan tenaga lebih untuk menjalani puasa.

Ketujuh, sop buntut gurih. Kalau punya waktu lebih untuk membuat menu sahur, tak ada salahnya untuk membuat sop buntut yang hangat dan nikmat. Jangan takut, tak perlu waktu lama untuk membuatnya. Karena ada cara praktis dengan bahan minimalis untuk membuatnya.

Kedelapan, cumi saus padang. Siapa bilang cumi saus padang hanya bisa dibuat hidangan buka puasa. Asal pedasnya disesuaikan, ini juga bakal aman untuk perut saat sahur. Yang pasti, rasa menu puasa pertama bakal lebih nikmat.

Kesembilan, sarden goreng telur. Sarden tak cuma bisa diolah jadi hidangan yang itu-itu saja. Namun Anda juga bisa membuatnya sedikit lebih bervariasi dengan cara mengolah lainnya. Yaitu sarden goreng telur.

Kesepuluh, soto ayam suwir. Selain sop, Anda juga bisa membuat hidangan sayur berkuah yang hangat.

Berbagai menu sahur ini juga bisa Anda padukan dengan berbagai tambahan karbohidrat lain selain nasi putih atau nasi merah. (cnn/qn)

Sumber: 10 Inspirasi Menu Sahur Pertama di Bulan Ramadan

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply