ngopi

Anggaran Belum Cair, Diskes PPU Pakai BTT Jalankan Vaksinasi

PPU, nomorsatukaltim.com – Hingga kini, anggaran yang diusulkan Dinas Kesehatan (Diskes) PPU belum juga cair. Oleh karena itu, pelaksanaan penanganan COVID-19 di Benuo Taka sedikit terganggu. Utamanya urusan vaksinasi.

Kepala Diskes Penajam Paser Utara dr Jansje Grace Makisurat menyebut pelaksanaan vaksinasi masih menggunakan dana talangan.

“Menggunakan anggaran yang ada di dinas dulu. Begitu juga vaksinasi yang dilakukan di beberapa puskesmas,” ucapnya beberapa waktu lalu. Proses seperti ini berjalan sejak awal pencanangan Februari lalu. “Ya harus pintar-pintar kami mengatasinya,” tandas juru bicara Satgas COVID-19 Penajam Paser Utara ini.

Kemudian, pada pertengahan Maret lalu, Diskes  mendapatkan alokasi dari Biaya Tak Terduga (BTT). Jumlahnya Rp 3,2 miliar. Membuat Grace bisa sedikit bernafas. Untuk menjalankan dan mengejar target vaksinasi tahap dua selesai.

“Lumayan membantu kegiatan vaksinasi dan penanganan COVID-19. Jadi, saat ini aman saja,” kata dia.

Adapun perkiraan dana ini masih bisa menahan kelangsungan kegiatan sampai 5 bulan ke depan. Untuk semua kebutuhan penanganan COVID-19 se-kabupaten.

Sementara, tahun ini untuk kebutuhan anggaran penanganan COVID-19 mencapai Rp 31,7 miliar. Terbagi dalam dua OPD. Diskes dan BPBD PPU. Usulan dari Diskes PPU sebesar Rp 19 miliar. Sedangkan BPBD PPU sekira Rp 12,7 miliar.

“Yang di DPA belum cair. Ya harapannya di bulan 5 anggaran covid19 sudah bisa kita dapat melalui usulan RKA yg disahkan menjadi DPA lewat perkada mendahului perubahan,” pungkas Grace. (rsy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply