alexa

Makin Terang, 10 Desa di Kubar Kini Berlistrik PLN

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Upaya untuk meningkatkan laju rasio desa berlistrik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara terus dilakukan PLN. Kali ini, 10 desa di Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, Kaltim sudah berlistrik PLN.

Secara simbolis, peresmian desa berlistrik ini dilakukan melalui penyalaan kWh meter di rumah warga pada Senin lalu (12/4/2021). Di Kecamatan Bongan, PLN telah melistriki 11 kampung. Dari jumlah kampung yang dialiri listrik, terdapat 1800 warga sebagai pelanggan PLN.

Kampung Jambul Makmur, Muara Gusik, Jambuk, Bukit Harapan, Tanjung Sari, Resak Kampung, dan Penawai di Bongan, semula telah dilistriki PLN sejak 2019 dengan waktu operasi 12 jam. Kini, listrik di sana sudah menyala 24 jam.

Sementara itu di desa lainnya, yakni Kampung Siram Jaya, Siram Makmur dan Muara Siram, serta satu kampung lainnya berada di Kecamatan Jempang, yakni Bekokong Makmur. Sebelumnya belum berlistrik PLN. Kini warga dapat melaksanakan aktivitasnya dengan nyaman dengan listrik 24 jam.

Seorang warga desa, Tohari mengatakan sangat gembira dengan masuknya listrik PLN di desanya. Pasalnya, mendapatkan listrik dari PLN ini sudah dinantikan sejak 20 tahun lalu.

Baca Juga:  Tagihan Listrik Naik, Rakyat Menjerit

“Apalagi menjelang bulan Ramadan. Kami bersyukur di rumah sudah ada listrik. Semoga ibadah semakin lancar dan warga kampung dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih produktif dengan adanya listrik,” tutur pria yang berprofesi sebagai ustaz tersebut.

Hadir dalam momen peresmian listrik Kecamatan Bongan, Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan didampingi Manager PLN UP3 Samarinda, Ari Tirtaprawita, dan Manager PLN UP2K Kaltim, Rahmatan. Wakil Bupati Edyanto mengapresiasi kerja PLN melistriki Bongan. Pasalnya, listrik merupakan kebutuhan masyarakat.

“Terima kasih PLN karena telah mewujudkan harapan warga Bongan sehingga mereka bisa menikmati aliran listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Harapan saya, desa-desa lain yang belum terang bisa segera dilistriki PLN,” kata Wakil Bupati Edyanto.

Secara terpisah, General Manajer PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto, mengatakan, kerja PLN untuk membawa terang ke desa-desa di Kalimantan Timur belum selesai. Hingga di penghujung tahun 2021 nanti, PLN Kaltimra menargetkan untuk meresmikan 27 desa berlistrik di Kalimantan Timur. Hingga April 2021, sejumlah 823 desa dari 1.038 total desa di Kaltim telah dialiri listrik PLN

Baca Juga:  Tarif Listrik dari Pembangkit Panas Bumi Tak Ekonomis

“Tantangan belum usai, masih ada daerah yang belum berlistrik PLN. Akan kami kawal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini sehingga di tahun 2024 nanti bisa terwujud seluruh desa berlistrik PLN,” tutup Saleh. (fey/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply