Prabowo Ungguli Jokowi dalam Survei Capres 2024

Surabaya, nomorsatukaltim.com – Lembaga survei KedaiKOPI melakukan survei tingkat elektabilitas yang dirilis pada Senin (12/4). Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto mengungguli elektabilitas Presiden Joko Widodo sebanyak 24,5 persen.

Jokowi yang kini memasuki periode kedua kepresidenan menempati urutan kedua elektabilitas dalam survei tersebut. Elektabilitas Jokowi yang sesuai konstitusi tak bisa mencalonkan diri lagi jadi presiden tercatat 18,5 persen pada survei terbaru KedaiKOPI tersebut.

Di urutan ketiga, ada nama Gubernur Jawa Tengah yang juga politikus PDIP Ganjar Pranowo dengan 16 persen. Kemudian ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 13,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,5 persen.

Dalam survei terbaru KedaiKOPI tersebut, Prabowo yang juga masih Ketua Umum Gerindra itu juga masuk dalam jajaran teratas elektabilitas di kalangan tokoh partai politik.

Pria yang berpengalaman ikut tiga kali Pilpres sebagai calon itu berada di posisi kedua dengan elektabilitas 15,6 persen.

Sementara itu, survei yang digelar Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan bahwa elektabilitas atau keterpilihan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mengungguli sejumlah nama besar. Sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Di kalangan pemilih muda atau milenial di Jawa Timur (Jatim), elektabilitas AHY mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menkopolhukam Mahfud MD, Basuki Tjahaja Purnama dan sejumlah tokoh lainnya.

“AHY berada di atas Anies Baswedan hingga Ahok dan Khofifah. AHY meraih 4,2 persen. Kemudian nama-nama lain di atas masing-masing meraih 3,6 hingga 2,9 dan 2,7 persen,” kata Direktur Riset SSC, Edy Marzuki, Selasa (13/4).

“Ada juga nama-nama lain seperti Susi Pudjiastuti, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD serta Ridwan Kamil. Tapi capaiannya tidak sampai 2,5 persen,” tambahnya.

Kendati demikian, elektabilitas AHY masih jauh dibanding Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Kalau untuk elektabilitas, Risma memuncaki dengan 15 persen. Baru disusul oleh Prabowo dan Ganjar yang masing-masing mengantongi 10,8 persen dan 9,9 persen,” ucapnya.

Terlepas dari hal itu, Edy mengungkapkan, ceruk di kalangan milenial untuk bursa capres masih sangat terbuka. Karena hasil survei masih didominasi persentase pemilih yang tidak mau menjawab.

“Di survei top of mind, 67,6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Untuk survei elektabilitas, 41,4 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat Pilpres masih di tahun 2024,” ucapnya.

Survei yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan pada 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Populasi survei adalah seluruh calon pemilih atau seluruh penduduk di Jatim yang minimal telah berusia
17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid atau metode dalam menentukan responden. (cnn/qn)

Sumber: Survei: Elektabilitas Capres 2024, AHY Ungguli Anies dan Ahok

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply