ngopi

Jemput Bola, PPU Susun Rencana Pembuatan Perpustakaan Digital

PPU, nomorsatukaltim.com – Tingkat literasi masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) masih rendah. Pertanda bahwa minat baca warga Benuo Taka juga minim.

Untuk mengatasi itu Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Penajam Paser Utara berkeinginan untuk membuat aplikasi. iPenajam namanya.

Plt Kepala DPA Penajam Paser Utara, Durajat menyebutkan pembuatan aplikasi perpustakaan digital itu masih tahap perencanaan. Demi jemput bola dalam menekankan pentingnya membaca buku.

“Terus terang saja, saat ini pengunjung perpustakaan semakin sedikit. Mereka yang datang biasanya juga hanya pelajar yang mengerjakan tugas,” ungkapnya.

Jujur saja. Minat baca Nasional di Indonesia masih rendah, yakni hanya 0,0046 persen. Oleh karena itu, upaya meningkatkan minat baca masyarakat menjadi suatu kewajiban. Jika ingin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Literasi digital, sambungnya, bisa menjadi salah satu solusinya. Aplikasi iPenajam ini nantinya serupa dengan milik Pemprov Kaltim, iKaltim. Atau juga dengan iPusnas.

“Kita usulan ini untuk tahun depan. Kalau untuk kebutuhan anggaran membuat aplikasi ini, mencapai Rp 3,5 miliar. Semoga tahun depan ada dukungan anggaran,” sebutnya.

Sejalan dengan ini, pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Penajam Paser Utara sudah terbentuk. Diketuai Plt Sekkab Muliadi, komunitas ini punya tugas untuk meningkatkan minat baca mulai tingkat bawah. Kelurahan dan desa.

“Tahun ini Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) PPU juga sudah terbangun. Itu semua untuk memudahkan masyarakat membaca,” tutupnya. (rsy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply