Perbasasi Balikpapan Target Emas Porprov 2022, Berharap Daerah Lain Tak Pakai Atlet Luar

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Perbasasi Balikpapan punya target tinggi di Pra Porprov dan Porprov Kaltim. Hal ini dinilai realistis, asal daerah lain tidak menggunakan atlet luar.

Pengkot Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Balikpapan berhasrat meraih medali emas untuk cabor softball dan perak di baseball pada Pra Porprov hingga Porprov nanti. Target ini terbilang tinggi, karena di Porprov edisi sebelumnya, di Kutim. Mereka hanya berhasil mengawinkan perak dan perunggu.

Namun begitu, peningkatan target ini dinilai realistis. Menengok kesiapan kontingen sejauh ini.

“Kalau di Kutim 2018 lalu. Softball putra kita dapat perak, sedangkan baseball putri dapat perunggu. Jadi mesti kita tingkatkan target. Insyaallah akan kita buktikan di Pra Porprov nanti,” ujar Ketua Perbasasi Balikpapan, M Alinur Parewasi, Senin 12 April 2021.

Satu hal yang berpotensi mengganggu harapan Perbasasi Balikpapan itu adalah. Jika masih ada daerah lain yang tidak percaya diri menggunakan atlet binaannya sendiri. Alias menggunakan jasa atlet sewaan dari luar Kaltim.

Seperti yang terjadi di Porprov 2018 lalu. Balikpapan berpotensi meraih emas pada cabor softball. Hanya saja dikatakan Alinur, daerah kontingen lain justru banyak diperkuat pemain luar Kalimantan. Hal itu yang menurutnya menjadi penghambat Balikpapan menorehkan emas.

pemprov iduladha

Untuk itu dirinya sangat berharap pada gelaran Porprov 2022 mendatang. Agar masing-masing kontingen tidak menggunakan atlet luar Kalimantan. Tentunya regulasi tersebut mesti diterapkan demi berjalannya pembinaan atlet di setiap daerah.

“Mudahan itu bisa disepakati KONI Kaltim. Bahwa mutasi atlet tidak boleh dari luar Kaltim. Lintas daerah saja kalau bisa. Jadi kita ini yang didominasi atlet kelahiran Balikpapan bisa punya peluang,” tambah Alinur.

Sementara itu terkait jadwal Pra Porprov, hingga saat ini masih belum jelas. Mengingat ada beberapa daerah yang merasa keberatan untuk melakoni babak kualifikasi tersebut. Kendati demikian Alinur sudah mempersiapkan 21 atlet untuk menghadapi Pra Porprov andai digelar.

“Lapangan kita akan minta izin ke Pertamina untuk latihan. Tapi latihan ala kadarnya saja. Karena di lapangan softball sudah (terpasang) tiang lampu dan gawang untuk sepak bola mini. Sementara kita juga latihan di mini soccer Tenis Stadium Balikpapan,” terangnya. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: