alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Sambut Ramadan, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Zakat Rp 111,8

Bontang, Nomorsatukaltim.com – Jelang Ramadan 1442 H, Unit Pengumpul Zakat atau UPZ Pupuk Kaltim kembali gelar Blusukan dan Safari Ramadan periode 29 Maret – 3 April 2021, dengan mendatangi sejumlah mustahik di Kota Bontang.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi UPZ Pupuk Kaltim bersama Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman, diawali penyaluran zakat Direksi dan karyawan Pupuk Kaltim berupa sembako di 5 Panti Asuhan serta beberapa Pesantren di Bontang dan sekitarnya pada 29 Maret 2021. “Total nilai zakat yang disalurkan bagi panti asuhan dan pesantren senilai Rp86,2 juta. Ini sebagai agenda utama penyaluran zakat jelang Ramadan tahun ini,” ujar Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, pada Kamis (8/4).

Selanjutnya, UPZ Pupuk Kaltim menyalurkan zakat pada program Kesehatan, Kemanusiaan dan Ekonomi kepada 12 mustahik, terdiri dari bantuan kursi roda dan biaya perawatan bagi 2 mustahik, serta modal usaha bagi 10 mustahik dengan jenis usaha seperti kue jajanan, madu dan sembako. “Untuk program kesehatan, kemanusiaan dan ekonomi, zakat yang disalurkan senilai Rp25,6 juta,” tandas Nur Sahid.

Menurut Nur Sahid, Ramadan merupakan momentum tepat untuk menebar empati, dengan berbagi rezeki kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini sesuai Rukun Islam tentang perintah puasa, yang berkaitan erat dengan perintah zakat. Hal ini juga sejalan dengan UU Nomor 23 Tahun 2011, yang menekankan penyaluran zakat memiliki peran dalam menguatkan akidah dan mensejahterakan kehidupan umat. Amanat tersebut menjadi pedoman UPZ Pupuk Kaltim untuk setiap program yang dijalankan. “Semoga zakat yang disalurkan membantu ringankan beban mustahik jelang Ramadan, sekaligus mendorong kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui dukungan pengembangan sektor usaha,” harap Nur Sahid.

Ketua MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Ny. Muhammad Erizza, menilai seluruh program penyaluran zakat yang dilaksanakan UPZ Pupuk Kaltim sangat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Bontang, dengan manfaat yang dirasakan langsung para mustahik. Apalagi zakat yang disalurkan mampu mendorong perubahan kondisi mustahik, dari sebelumnya sulit menjadi lebih baik. “Tentunya jelang Ramadan kegiatan ini bisa bernilai kebaikan yang berlipat,” kata Ny. Eriza.

Dirinya berharap dukungan masyarakat dan seluruh pihak, agar kolaborasi UPZ Pupuk Kaltim dan MT Muslimah Yayasan Baiturrahman terus memberikan manfaat bagi masyarakat, mengingat agenda serupa juga telah dilaksanakan pada 12 lokasi di Kecamatan Bontang Utara dan Bontang Selatan beberapa waktu lalu. “Ke depan, program seperti ini akan terus ditingkatkan, sehingga manfaat zakat semakin dirasakan masyarakat dengan menyasar lebih banyak program maupun mustahik di Bontang,” pungkas Ny. Eriza. (adv/ifa)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply