alexa
disway ntt malang

Tenggarong Creative Fest Juga Libatkan Pelaku Seni dari Jakarta dan Bandung

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kutai Kartanegara (Kukar) resmi gelar event skala nasional. Event Tenggarong Creative Fest bakal digelar secara online. Termasuk di gelar di Jakarta dan Bandung, melengkapi gelaran yang dilakukan di Tenggarong.

Diakui Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kukar Akbar Haka mengatakan, sejauh ini persiapan Tenggarong Creative Fest mencapai 80 persen. Dengan melibatkan puluhan band berbagai genre musik. Serta pergelaran seni tari, seni teater, puisi, dan film. Semua bakal terlibat dan tampil secara bergantian.

“Tinggal pemantapan aja lagi,” ujar Akbar dihubungi Nomor Satu Kaltim, Kamis (8/4/2021).

Dijelaskan Akbar, event kerjasama Bekraf dan Dispar Kukar ini merupakan langkah awal, bagaimana Kukar mempromosikan potensi daerahnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai di Indonesia. Di samping untuk me-launching program Kukar kaya festival, yang dicanangkan Bupati Kukar.

Ini juga sebagai upaya Pemkab Kukar dalam mempersiapkan pergelaran event secara offline. Sehingga ketika event offline bisa digelar dan diizinkan oleh pemerintah. Harapannya pengunjung, wisatawan bisa datang. Tentunya ini mampu menggerakkan dan menghidupkan ekonomi kerakyatan di Kukar. Karena ada wisata kuliner dalan Tenggarong Creative Fest, termasuk menjajakan souvenir, hingga jasa hotel bisa hidup kembali.

“Selain untuk masyarakat yang haus akan hiburan,” lanjut Akbar lagi.

Terkait pelaksanaan nantinya, protokol kesehatan (prokes) ala COVID-19 bakal diterapkan secara ketat. Pembatasan orang di arena pun tidak bakal lebih dari 50 orang saja. Tidak hanya saat pelaksanaan saja, prokes ketat dilakukan sejak persiapan pelaksanaan event, hingga proses penyelenggaraannya.

“Kedepan harapannya mengajarkan kepada penyelenggara event lain untuk terapkan standar prokes ketat. Agar event offline bisa mudah digelar, yang mengundang orang banyak, dengan jaga jarak, menggunakan masker dan lainnya,” pungkas Akbar. (mrf)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply