alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Begini Kondisi Sinyal Seluler di Long Apari Mahulu

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Penyebab blank spot atau hilangnya sinyal seluler di kawasan Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) pada akhir-akhir ini, telah diketahui penyebabnya oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Mahulu.

Kepala Diskominfo Mahulu, Nasution Hibau Djaang menegaskan, pihaknya telah berusaha penuh agar jaringan nirkabel se-Mahulu bisa berjalan atau beroperasi dengan lancar. Bahkan telah melakukan koordinasi dengan provinsi dan pusat.

“Khusus untuk menara telekomunikasi di Long Apari kondisinya bagus saja. Itu atas pemeriksaan langsung oleh Tim Diskominfostandi kelapangan,” jelasnya kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com via pesan WhatApps (WA), Kamis (8/4/2021).

Kadis menyebut untuk kategori jaringan (sinyal) seluler jenis 4G juga bagus di Long Apari. Namun hanya bermasalah pada mesin generator set (genset) sebagai pembangkit listrik. Karena radiatornya yang bermasalah.

“Iya sudah mulai membaik. Namun hanya dihidupkan (beroperasi) pada jam tertentu saja. Saat ini radiator mesin genset berkapasitas 20 KVA itu sudah dikirim ke Samarinda untuk perbaikan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Diskominfostandi Mahulu berusaha dan berupaya keras, agar seluruh jaringan sinyal seluler dan internet di Mahulu pada tahun ini agar dapat beroperasi normal, agar daerah blankspot bisa segera diatasi.

“Saya akan terus melakukan koordinasi dengan provinsi dan pusat. Termasuk dengan pihak operator yang mengelola jaringan sinyal untuk wilayah Mahulu,” urainya.

Nasution Hibau Djaang menuturkan, sebelumnya, Diskominfostandi langsung merespons kondisi tower di Kampung Tiong Ohang. Bahkan pihaknya telah melaporkan langsung kepada Vice Presiden Direktur Telkomsel di Jakarta kondisi hilang sinyal selama beberapa pekan di Long Apari.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat ini Bupati Bonifasius Belawan Geh, Wabup Yohanes Avun, Sekda Stephanus Madang, dan Kadiskominfostandi Nasution Hibau Djaang, akan melakukan audiensi dengan pihak Bakti Kemenkominfo RI, Dirjen PPI, dan pihak manajemen Telkomsel.

Dikonfirmasi terpisah malam tadi, Kepala Polsek Long Apari, Iptu Ruwadiantono mengakui bahwa kondisi sinyal seluler di Tiong Ohang dalam beberapa hari terakhir sudah mulai membaik.

“Alhamdulillah sudah baik untuk komunikasi (sinyal seluler) saat ini di Tiong Ohang,” singkatnya.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply