alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Prioritas Daerah Zona Merah

470 Vial Vaksin Didistribusikan Hari Ini

TANJUNG REDEB, DISWAY – Sebanyak 470 vial atau 4700 dosis vaksin Sinovac tiba di Gudang Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Kamis (8/4). Sasaran vaksinasi kelanjutan tahap dua, diperuntukkan bagi pelayan publik dan lanjut usia (lansia).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Berau, Garna Sudarsono menuturkan, kini sudah 1.083 lansia yang telah disuntik vaksin buatan Tiongkok. Untuk 4.700 dosis yang tiba akan didistribusikan dalam dua termin, pertama 2.100 dosis dan kedua 2600 dosis.

“Rencananya, vaksin yang baru tiba langsung distribusikan ke daerah dan besok (hari ini) di jadwalkan untuk penyuntikan,” katanya kepada Disway Berau, Kamis (9/4).

Lanjutnya, semua kecamatan akan didistribusikan vaksin, namun porsinya berbeda. Karena, program vaksinasi difokuskan ke daerah dengan tingkat penyebaran COVID-19 tinggi.

“Penyebaran vaksin akan diprioritaskan untuk daerah zona merah,” sebutnya.

Garna mengakui, pemberian atau menuntaskan vaksinasi di Kabupaten Berau masih membutuhkan waktu cukup lama. Penyebabnya, kuota atau ketersediaan vaksin belum bisa memenuhi kebutuhan.

“Belum bisa mencukupi, karena vaksin yang datang belum sesuai dengan sasaran, 70 persen dari masyarakat Berau,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya tengah berusaha memaksimalkan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran tenaga pengajar. Apalagi, sekolah tatap muka (STM) akan dilakukan pada Juli atau tahun ajaran baru tahun 2021.

“Guru sudah 300 orang yang divaksin. Dan akan kami maksimalkan lagi,” pungkasnya. */FST/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply