alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Anggota Dewan Malas, Ketua DPRD Minta Media Soroti

Kubar, nomorsatukaltim.com – Kurangnya semangat kerja anggota sejumlah anggota DPRD Kutai Barat menjadi perhatian serius Ketua DPRD Kubar, Ridwai. Menurutnya, hal itu akan menjadi salah satu penilaian masyarakat terhadap parlemen.

“Banyak (anggota dewan) yang tak hadir dalam rapat. Bisa dihitung pakai jari saja yang hadir,” ungkap Ridwai.

Ia mengimbau seluruh anggota dewan selalu hadir dalam setiap agenda rapat paripurna. Ini mempengaruhi kinerja kursi parlemen di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Belum lagi fungsi Badan Kehormatan (BK) di tubuh parlemen ini tidak semestinya.

“Kita punya BK tapi tidak berjalan. Bagaimana anggota bisa takut, kalau BK sendiri seperti berjalan ditempat,” cetus politisi partai berlambang banteng moncong putih itu.

Dibeberkannya, tugas Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menunjang kinerja anggota dewan. BK dalam melaksanakan tugasnya akan terus mengupayakan agar semua anggota dewan mengembangkan tata beracara, taat aturan sebagai pedoman dalam berperilaku agar memberikan hasil terbaik dalam menjalankan amanah masyarakat dan daerah.

“Saya harap ke depan fungsional BK secara kolektif kolegial dan menggerakkannya bersama-sama anggota BK lainnya,” ujar Ridwai

Ia menegaskan BK bakal meluruskan pemahaman/anggapan masyarakat tentang fungsi dan peran BK. Saat ini ada isu yang berkembang menganggap bahwa BK itu ibarat inspektorat di pemerintahan.

Selain itu, ia mengemukakan peranan media sangat penting di tengah pandemi Covid-19. Khususnya terhadap kinerja anggotanya selama ini. “Media arus utama dapat menjadi pelindung masyarakat dari informasi hoax yang bertebaran di media sosial (medsos). Juga membantu menyuarakan hak rakyat sebagai penyambung lidah kepada kami,” tutupnya. (luk/sam)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply