alexa
disway ntt malang

Wabup Avun: Jalan Kubar-Mahulu Rampung 2024

Mahulu, nomorsatukaltim.com –  Jalan darat dari Kutai Barat menuju Mahakam Ulu (Mahulu) sudah tampak ada tanda-tanda perbaikan. Aktivitas pengerjaan jalan mulai terlihat. Kendati saat ini kondisinya masih memprihatinkan. Sebagian berupa pasir dan batu (sirtu). Sebagian lagi berupa tanah padat serta banyak titik membentuk kubangan dalam yang sulit dilintasi.

Tapi ada juga yang sudah beraspal. Atau sudah melalui pengerasan jalan dengan agregat atau cor-coran. Hanya saja posisinya tidak teratur dan tidak berurutan. Sepotong-sepotong. Jika diurutkan, mungkin jaraknya tidak terlalu panjang. Jalan yang baik itu berkisar 30 persenan dari total poros Kubar-Mahulu.

Wakil Bupati Mahakam Ulu Yohanes Avun ketika dikonfirmasi mengakui itu. Sejak tahun 2020, kata Avun, sudah dilakukan perbaikan. Anggarannya dari APBN—pemerintah pusat. Perbaikan akan dilakukan dari dua arah. Arah hilir masuk Kabupaten Kubar. Yakni dari Kecamatan Tering, Kubar, hingga ke perbatasan Mahulu.

Kemudian secara bertahap dari arah Mahulu juga mulai dibangun. Dari Long Bagun hingga ke simpangan Kampung Mamahak Besar (Mambes).

“Ya, tahun ini kita membentuk jalannya. Mungkin tahun 2022 itu sudah masuk program pengaspalan,” kata Wabup Avun.   

Untuk pembangunan jalan ini, Pemkab Mahulu tidak bisa sendirian. Harus bersinergi dengan Pemkab Kubar. Karena akan sulit membangun jalan di hulu sementara jalan dari hilirnya tidak diperbaiki. Harusnya runut dari hilir menuju hulu. “Kita sama-sama (dengan Pemkab Kubar, Red.) berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Ada juga pembangunan jembatan di Sungai Ratah dan di Long Melaham, Kecamatan Long Bagun. Yang di Long Melaham malah sudah mulai dikerjakan. Terlihat sudah ada dua pilar jembatan dan beberapa alat berat berada di lokasi.

“Tahun ini sesuai perencanaan, anggarannya sekitar Rp 500 miliar,” ujarnya.

Total anggaran sebesar Rp 3,6 triliun. Target selesai, kata Avun, pada 2024. Itu sudah hitam semua. Sudah beraspal. “Tapi kan kita tidak tahu kalau ada kendala teknis. Medannya kan berat. Kita hanya merencanakan. Yang penting kan ada target,” jelasnya. (dah2)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply