Pemkab Kutim Perlu Perkuat Sektor Pertanian

Kutim, nomorsatukaltim.com – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki potensi di bidang pertanian. Tapi sejumlah kebutuhan pangan untuk 424.171 jiwa penduduk Kutim masih bergantung kelancaran suplai dari daerah lain, seperti Sulawesi dan Surabaya. Maka dirasa perlu untuk memperkuat sektor pertanian.

Hal ini menjadi perhatian Anggota DPRD Kutim, David Rante. Ia mengatakan, segala aspek kebutuhan pertanian itu menjadi sangat penting untuk mendapatkan bantuan skala prioritas.

Salah satu prioritasnya soal pembukaan lahan pertanian atau jalan tani sebagai akses untuk petani. Baik mendistribusikan kebutuhan–kebutuhan penunjang pertanian maupun mengangkut hasil pertanian.

“Maka itu sangat penting untuk diberi dukungan, dan ini sangat positif apalagi memang program pemerintah secara nasional itu menjadikan beberapa daerah itu sebagai lumbung pangan,” ucap David Rante

Dengan program tersebut, kata David, pemerintah daerah juga sangat penting menyiapkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi lumbung pangan untuk kebutuhan masyarakat Kutim itu sendiri.

“Itu penting, supaya kita tidak bergantung dengan daerah lain. Kita tidak bisa memungkiri bahwa beberapa bahan pokok itu masih masukkan dari daerah lain seperti Sulawesi dan Surabaya,” tutur politisi Partai Gerindra tersebut. (adv/bct/zul)

pemprov iduladha
dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: