alexa
disway ntt malang

Optimistis 18 Program Terealisasi

TANJUNG REDEB,DISWAY – Penanganan pandemik COVID-19 hingga pemulihan ekonomi masih menjadi prioritas utama dalam merumuskan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Berau tahun 2022.

Bupati Berau Sri Juniarsih mengakui, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang menanti di masa jabatannya. Selain penuntasan pandemik dan ekonomi pasca COVID-19, 18 program prioritas yang diusung bersama Wakil Bupati, Gamalis, akan mulai direalisasikan. Seperti peningkatan dana RT, peningkatan mutu pendidikan, perbaikan ekonomi dan sosial.

“Karena 18 program ini muncul dari usulan masyarakat. Merealisasikannya, tentu melibatkan instansi terkait, sebagai pilot project. Namun, kegiatan lainnya tetap akan diakomodir,” katanya kepada Disway usai pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) perumusan RKPD tahun 2022, Rabu (7/4).

Bupati berhijab ini menyadari, situasi keterbatasan anggaran kemungkinan besar masih menghantui di tahun 2022. Kondisi itu, akan sangat sulit merealisasikan 18 program dalam waktu bersamaan.

Sehingga, pihaknya akan memutuskan dan memilhan program unggulan yang sangat prioritas untuk segera dilaksanakan. Apalagi, melalui Musrenbang dalam merumuskan RKPD sudah ditetapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan menerima dan menjalankan 18 program yang diusung.

“Sudah ditentukan, salah satunya Diskominfo untuk menyiapkan 1.000 titik Wifi gratis bagi warga. Mulai tahun ini, sudah menginventarisir titik-titik mana yang akan dipasang,” terangnya.

Selain itu, program Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) gratis yang nantinya akan diakomodir oleh Dinas Kesehatan Berau. Dan tak kalah pentingnya, peningkatan sarana penunjang sektor pariwisata di Bumi Batiwakkal, sebagai upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kunjungan wisatawan.

“Kami sangat optimis 18 program kerja yang dimiliki dapat terealisasi hingga masa jabatan akhir. Tapi tetap harus bertahap,” tutupnya. (*/ZUH/JUN)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply