alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Jelang Ramadan, Bahan-Bahan Membuat Kue Mulai Dicari

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Menjelang bulan suci Ramadan, para pelaku usaha kue Lebaran mulai bersiap. Untuk menjual dagangan musiman yang paling diburu. Yaitu kue kering.

Bersiapnya pengusaha kue itu memberikan efek positif kepada pedagang bahan kebutuhan pokok dan makanan. Terbukti, pedagang bahan pokok di Pasar Klandasan Balikpapan telah mempersiapkan bahan-bahan kue.

Emma, pedagang sembako mengatakan bahwa yang mulai dicari oleh pembeli adalah bahan membuat kue. Seperti tepung terigu, mentega, gula merah dan bahan lainnya.

“Karena mereka sudah mulai buat kue. Otomatis bahan bahan kue juga sudah tersedia di kami,” kata Emma disela aktivitasnya pada Rabu (7/4/2021).

Dia menuturkan kondisi tahun ini dan tahun lalu sangat berbeda dari tahun sebelumnya. “Kondisi ini berbeda dari tahun 2019 lalu. Tahun itu sangat ramai pembeli. Tapi sekarang sepi,” ucapnya.

Disinggung mengenai harga bahan kue. Menurutnya, tidak ada kenaikan. Tetapi pada komoditas tertentu ada kenaikan harga. Gula merah yang biasanya Rp 23-24 ribu, naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram.

Begitu pun dengan minyak goreng, yang biasanya per dua liter Rp 20-22 ribu, naik menjadi Rp 28 ribu, paling murah. “Kacang-kacangan juga naik, di mana sebelumnya hanya berkisar Rp 32 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 38 ribu,” sebut Emma.

Sedangkan untuk kebutuhan pokok tidak ada yang mengalami kenaikan. “Sejauh ini masih normal,” tandasnya.

Menjelang Ramadan ia pun berharap kondisinya akan berubah. Meskipun tidak tahu pandemi kapan berakhir. “Tidak tahu pandemi kapan berakhir. Harapannya ramai, tak seperti tahun lalu. Biasanya ini sudah ramai tapi masih sepi. Makanya tidak berani stok banyak. Menyesuaikan permintaan,” ungkap Emma.

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang lainnya, Irwan. Menurutnya, permintaan yang datang adalah dari pelanggan. “Pembeli baru sangat jarang. Bisa dihitung yang baru,” ujarnya. Untuk itu, pihaknya tak berani menyediakan lebih dari permintaan. “Permintaannya itulah yang disediakan,” tutupnya. (fey/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply