alexa
disway ntt malang

Cetak SDM Siap Kerja

Berau Coal Buka Peluang Magang bagi Anak Muda

TANJUNG REDEB, DISWAY – Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap kerja, PT Berau Coal membuka kesempatan magang di unit bisnis pengembangan ekonomi bagi warga lingkar tambang di Bumi Batiwakkal.

General Manajer CSR PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede mengatakan, melalui program ini, pihaknya berharap para peserta mampu memiliki daya saing dan kesiapan mental untuk bekerja.

“Ini salah satu upaya kami (PT Berau Coal, Red) turut andil dalam pemantapan SDM yang siap kerja,” ujarnya kepada Disway Berau.

Program magang tersebut dimulai dengan Bina Mental Dan Fisik (Bintalsik) bagi peserta yang diselenggarakan di Kampus Samburakat pada 6-8 April 2021. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan keterlibatan kaum muda dalam peningkatan ekonomi di masyarakat.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan itu, bisa mematangkan kaum muda dalam peningkatan ekonomi yang dinaungi PT Berau Coal.

“Harapannya, mereka bisa mandiri dan mampu membuka unit usaha setelah mengikuti program ini,” katanya.

Dikatakannya, untuk program magang di unit bisnis pengembangan ekonomi PT Berau Coal, dilaksanakan selama satu tahun. Peserta akan dibekali ilmu dan pengalaman kerja yang meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan sebaginya.

“Kami berharap, mereka yang sudah dibekali kemampuan, bisa memberikan kontribusi terhadap kualitas ekonomi masyarakat disekitarnya,” ucapnya.

Sementara itu, Peserta pelatihan peningkatan ekonomi, Santi mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal. Banyak materi dan ilmu yang didapatkan saat mengkikuti program ini, mulai dari pertanian, perikanan hingga perkebunan.

Selain itu, Ia mengaku mampu menggali potensi dirinya, serta melihat peluang apa saja yang bisa dikembangkan di daerah asalnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan ini. Saya berharap, apa yang saya dapatkan di sini, kelak bisa saya terapkan di daerah saya,” katanya.

Hal serupa juga dikantakan peserta lainnya, Sarwani Damara. Dirinya sangat memiliki ketertarikan dengan dunia peternakan. Diakuinya, apa yang diberikan PT Berau Coal sangat berpengaruh terhadap pola pikirnya.

“Ini yang saya tunggu-tunggu. Saya merasa beruntung karena mendapat pembekalan seperti ini,” tegasnya.

Sarwani menyebut, dengan apa yang didapatkannya akan mencoba untuk menjadi motor penggerak peternakan di kampungnya. Terlebih, dirinya merupakan alumni sekolah peternakan di Berau.

“Saya akan berupaya untuk mengajak masyarakat di kampung saya untuk beternak. Harapan saya, Berau bisa dikenal dengan potensi peternakan, perkebunan dan pertaniannya. Tidak hanya tentang potensi batu baranya saja,” tandasnya. (*/FST/JUN)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply