alexa
disway ntt malang

KNPI Kubar Kembangkan Kandang Penggemukan Sapi

Kubar, nomorsatukaltium.com – DPD KNPI Kubar membangun kandang untuk penggemukan sapi di Kampung Keay, Kecamatan Damai. Kandang sapi tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, Rabu (7/4/2021).

“Tantangan dan persaingan semakin kompetitip. Oleh sebab itu peran pemuda melalui wadah KNPI diupayakan lebih pro aktif dalam mendukung program yang dilaksanakan Pemkab Kutai Barat,” ungkap Ketua DPD KNPI Kubar, Canissius Arkan.

Ia menyebut terobosan yang diambil KNPI dengan membangun kandang penggemukan sapi untuk menggugah pemuda agar bangkit dalam bidang usaha. Jadi bukan hanya program yang tidak berujung pangkal.

“DPD KNPI Kubar mendukung MoU kemitraan program penggemukan sapi antara PT Berkah Salama Jaya (BSJ) dengan Bankaltimtara. Juga mendukung penuh pembentukan 12 kelompok koperasi ternak yang ada di Kutai Barat,” ucapnya.

DPD KNPI Kubar sendiri  bekerjasama dengan PT BSJ sebagai upaya memberdayakan pemuda, agar memiliki usaha mandiri.

“Dengan harapan melalui kegiatan ini Kutai Barat bisa menjadi salah satu sentra peternakan sapi dimasa yang akan datang,” tegasnya.

Arjan menyebut, DPD KNPI Kutai Barat akan terus menjalin sinergitas dengan Pemkab Kutai Barat dan semua pihak. Bahkan KNPI mengundang perusahaan se-Kutai Barat, agar menggiatkan Corporate Social Responsibility (CSR) guna memberdayakan pemuda dan masyarakat.

“Terutama dalam kerjasama bantuan indukan sapi, kerjasama kebutuhan daging sapi/kurban. Karena  oleh Pemkab Kutai Barat diberikan kesempatan untuk menyediakan sapi kurban,” tandasnya.

 

Bupati Kutai Barat, FX Yapan  SH yang meresmikan secara langsung kandang  penggemukan sapi milik DPD KNPI Kutai Barat menegaskan, bahwa Pemkab Kutai Barat sangat mengapresiasi kinerja dan kerja nyata yang dilakukan oleh KNPI  Kutai Barat.

“Semoga dengan agenda yang dilakukan oleh DPD KNPI Kutai Barat mendukung perekonomian Kutai Barat melalui bidang peternakan,” ucap Bupati, mengawali sambutannya.

Hal itu kata Bupati, sangat baik dalam mendukung Kutai Barat menyambut Ibukota Negara (IKN), maupun untuk terpenuhinya kebutuhan daging sapi pada 16 kecamatan se-Kutai Barat, bahkan di Kaltim.

“Kerja sama KNPI dengan PT BSJ sangat saya apresiasi. Untuk menjadi motivasi bagi pemuda dan masyarakat se-Kutai Barat,” ucapnya.

Selama ini kata FX Yapan masyarakat Kubar sudah banyak beternak. Namun masih dilakoni secara tradisional. Untuk itu agar pilot project yang dilakukan KNPI bekerjasama dengan PT BSJ diharapkan untuk modernisasi peternakan di Kutai Barat.

“Terima kasih kepada KNPI dan BSJ. Agar terus membina pemuda dan masyarakat dalam usaha peternakan sapi di Kutai Barat,” ungkap Bupati.

Dipenghujung sambutannya, Bupati mengungkapkan, dengan memohon ridha dari Tuhan Yang Maha Esa, maka  secara resmi kandang penggemukan sapi milik DPD KNPI Kutai Barat dibuka.

“Saya minta KNPI terus bermitra dengan BSJ. Juga dengan perusahaan yang ada di Kutai Barat, lakukan komunikasi agar CSR bisa digunakan untuk membangun pemuda dan masyarakat,” pesan Bupati.

Sementara itu, Direktur Utama PT BSJ, Suparlan, mengakui sangat apresiasi dengan telah diresmikan kandang penggemukan sap milik DPD KNPI Kutai Barat di Kampung Keay. Dia berharap proyek peternakan itu akan menjadi motivasi bagi masyarakat se-Kutai Barat.

“Tentu diharapkan pilot project penggemukan sapi di kandang milik KNPI Kutai Barat agar menjadikan masyarakat semakin terinspirasi untuk mau beternak atau menggemukkan sapi,” ungkapnya.

Dia menyebut penghasilan dari memelihara sapi, dapat menjadi penghasilan pokok bagi para peternak. Menurutnya launching kandang 5 kelompok peternak sapi di Kutai Barat  sebagai contoh pola baru dalam beternak sapi.

“PT BSJ bermitra dengan KNPI untuk membangkitkan jiwa muda dalam berusaha nyata beternak sapi. Dari sisi market (pasar) maupun pengelolaan peternakan (penggemukan) sapi ini, BSJ selaku induk, maka hasil panen PT BSJ yang bertanggung jawab,” tukasnya. (imy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply