alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Jangan Melaut Dulu, Seminggu Mendatang Cuaca PPU Berpotensi Ekstrem

PPU, nomorsatukaltim.com – Cuaca tidak menentu. Dipengaruhi kondisi adanya siklon tropis (tropical cyclone). Para nelayan di PPU diminta menunda sementara aktivitas melaut.

Siklon Tropis Seroja yang terjadi wilayah utara Indonesia ini mengakibatkan banjir bandang di NTT. Berdampak juga di PPU. Meski diprediksi tak akan separah di sana.

Potensi akibat adanya atmosfer bertekanan rendah dimana bercirikan pusaran angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam itu, terjadi di PPU. Hanya akan mengakibatkan hujan lebat, angin kencang hingga naiknya tinggi gelombang air laut. Dan diprediksi terjadi hingga sepekan ke depan.

“Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klomatilogi dan Geofisika (BMKG) cuaca ekstrem akibat adanya siklon tropis berlangsung hingga enam hari kedepan,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU Marjani, melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik Nurlaila, Rabu, (7/4/2021).

Berbeda dengan siklon tropis di wilayah Selatan yang sama sekali tidak berpengaruh signifikan pada wilayah Kaltim. Kalau yang utara ini memang biasa membuat perubahan cuaca secara tiba-tiba.

“Siklon Tropis ini menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, angin kencang serta perubahan tinggi gelombang air laut,” ujarnya.

Atas kondisi tersebut, BPBD mengimbau masyarakat agar waspada terhadap perubahan cuaca. Bagi nelayan maupun pemancing diminta untuk mengurangi aktivitas melaut. Terlebih, jika terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba.

“Kalau harus melaut, lengkapi perlengkapan keselamatan seperti life jacket terutama kondisi kapal. Karena tinggi gelombang air laut saat ini diperkirakan mencapai 1 hingga 1,5 meter. Apalagi sudah pernah terjadi korban jiwa saat melaut,” tegasnya. (rsy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply