alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Berikan Stan untuk Penataan dan Permudah UMKM

Upaya Berau Coal Dorong Pemulihan Ekonomi

Bersinergi bersama pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi masyarakat, PT Berau Coal berikan dukungan berupa stan UMKM Berau Ciptausaha. Melalui program kerja sama PPM PT Berau Coal dengan Kelurahan Sambaliung.

Ekspresi gembira tergambar di wajah Musinam, salah satu pelaku UMKM di Kelurahan Sambaliung, saat menjadi salah seorang yang berhak mendapatkan bantuan stan usaha dari PT Berau Coal.

Sudah lebih dari 7 tahun berjualan menggunakan gerobak khusus untuk nasi goreng, dan beberapa minuman kekinian. Dengan gaya stan yang lebih modern, dia berharap akan lebih banyak lagi masyarakat yang ingin membeli di stan usaha yang diberi nama Kafe Sina itu.

“Saya senang sekali tentu dan mengucapkan terima kasih, gerobak yang jadul bisa berubah dengan gaya yang sekarang, sebelumnya belum pernah kepikiran juga,” jelasnya kepada Disway Berau, Selasa (6/4).

Musinam awalnya menceritakan, dirinya mendapatkan pendataan untuk calon penerima stan dari PT Berau Coal, lantaran dirinya masuk dalam kriteria pelaku UMKM yang sudah lama berjualan dan konsisten. Dia mengakui berjualan selama ini sebagai satu-satunya mata pencaharian baginya.

Bantuan ini dirasa begitu manfaat, sebab pandemik COVID-19 sempat mengganggu pendapatannya. Dengan adanya stan, penjualan diharapkan kembali normal, sebab kebersihannya bisa terjaga dan terlihat secara kasat mata.

“Saya biasanya jualan di sekitar kawasan tepian, dengan penataan dari pihak Berau Coal juga, tidak perlu harus mendorong kesana-sini. Menetap saja, sudah bisa mendapat pelanggan,” tandasnya.

Senada dengan Lurah Sambaliung, Didi Mulyadi juga mengucapkan rasa terima kasih karena PT Berau Coal, ikut serta dalam mendukung penguatan ekonomi masyarakat di kawasan Sambaliung. Begitu juga bantuan ini menjadi salah satu usaha untuk menarik pengunjung datang.

Lanjutnya, bahwa tepian Sambaliung sudah memilki beberapa fasilitas lain untuk wisata perkotaan dan wisata bersejarah lantaran dekat dengan keraton.

“Kami punya mangrove, punya tempat bermain dan dipercantik lagi oleh PT Berau Coal dengan booth dari mereka,” ungkapnya.

Lanjutnya, pengurus PKL tepian Sambaliung awalnya melakukan pendataan bersama-sama, bahwa ada 65 PKL di sana, dan terdapat 30 PKL yang sudah aktif lama dan berdagang secara terus menerus. Merekalah yang mendapatkan bantuan itu.

Didi berharap, untuk 35 sisanya lagi, bisa dibantu kembali oleh PT Berau Coal, kendati dari pelaku UMKM inilah yang juga harus berkomitmen untuk berdagang dengan baik dan merasa memiliki keinginan untuk naik kelas.

“Sejauh ini bantuan sudah cukup banyak, kami sangat berterima kasih. Hal-hal positif dan bermanfaat tentu harus berasal dari kerja sama yang baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, GM CSR PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede menjelaskan, kegiatan pemberian bantuan stan menjadi salah satu komitmen untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Berau mencetak sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja, dan mendorong geliat peluang-peluang ekonomi masyarakat.

“Dukungan stan UMKM yang kami beri nama Berau Ciptausaha ini, berawal dari upaya PT Berau Coal untuk mendorong para pelaku UMKM di Berau agar berdaya saing dan mandiri secara ekonomi,” jelasnya.

Apalagi pandemik COVID-19 menjadi salah satu penyebab perekonomian sempat lesu, tak terkecuali di Kabupaten Berau. Melalui dukungan ini, harapannya dapat membantu dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Dengan adanya tatanan booth UMKM yang rapi, seragam dan higienis tentu akan menjadi ciri khas tersendiri. Selain mendorong geliat peningkatan ekonomi masyarakat, juga bertujuan mendukung pengembangan promosi wisata budaya dan sejarah keraton Sambaliung.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan yang baik dari semua pihak,” tandasnya.

Begitu juga dengan yang diungkapkan Bupati Berau, Sri Juniarsih yang mengakui ini menjadi langkah yang baik untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

“Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Berau Coal serta pihak-pihak terkait yang telah ikut memberikan dukungan kepada masyarakat. Tentu upaya ini juga menjadi salah satu langkah memulihkan ekonomi masyarakat,”

Dia berpesan, untuk UMKM agar memanfaatkan sebaik-baiknya pemberian, juga untuk tahapan peningkatan ekonomi yang sejatinya masih dalam pemulihan.

“Saya berpesan agar berjualan dengan baik, berdagang secara sehat dan bersih. Niat yang baik akan mendatangkan rezeki yang baik,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, untuk terus bersinergi bersama membangun Kabupaten Berau. “Kami selaku pemerintah daerah selalu dukung, begitu juga untuk pengembangan wilayah agar lebih baik,” tutupnya.*/app

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply