alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Jalan Rusak di Sepinggan Disinyalir Buat Kemacetan

Hanya Ditutup Lembaran Besi

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Lubang besar tampak menganga di badan Jalan Sepinggan Baru, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Lubang itu hanya ditutupi tiga lembar besi agar memudahkan kendaraan lewat.

Nyatanya, pengendara pun takut melintasinya. Mereka lebih memilih menggunakan sisi badan jalan lain yang relatif aman. Apalagi, besi yang menutup lubang itu kerap kali bergeser. Membuat lubang itu kembali tampak menganga dan berbahaya bagi pengendara. Lubang tersebut juga memperparah kemacetan di ruas jalan tersebut.

H Dayat, pemilik ruko berlokasi tepat di depan jalan rusak tersebut mengatakan, kondisi kerusakan jalan itu sudah cukup lama. Ia bercerita, awalnya jalan tersebut hanya mengalami longsor saja pada bagian sisi pinggir jalan.

“Awalnya di sini aja yang bolong itu. Tapi karena kendaraan lalu lalang enggak ada habisnya, kena getaran ya tambah melebar lubangnya,” ujarnya saat ditemui media ini di lokasi, Senin (5/4/2021).

Selain faktor kendaraan, kata Dayat aliran air hujan juga disinyalir menjadi penyebab semakin parahnya kondisi jalan tersebut.

“Kalau sudah hujan airnya masuk ke sini (lubang) juga, jadi tanahnya larut masuk juga,” jelasnya.

Senada dengan H Dayat, warga lainnya, Selamat juga mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Katanya, biasanya Jalan Sepinggan Baru tak pernah mengalami kemacetan parah. Kini kemacetan sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan saat siang atau sore hari, kendaraan yang hendak melintas bisa mengular hingga satu kilometer.

“Kalau siang atau pas orang pulang kerja itu macetnya enggak karu-karuan (jelas, Red.) sudah. Karena kan gantian yang mau lewat. Mana jalannya kecil di sini,” ujar Selamat.

Selamat pun mengaku, kondisi jalan tersebut sudah dilaporkan ke pemerintah melalui kecamatan. Hanya saja belum ada respons lebih lanjut untuk mengatasi jalan berlubang tersebut.

“Sudah ditinjau sama orang kecamatan. Tapi enggak ada juga perbaikannya. Kalau dibiarkan ini makin parah lah,” tambahnya. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply