alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Waspada Cuaca Ekstrem di Kukar, Hujan Deras Angin Puting Beliung Mengancam

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kukar sedang memasuki musim penghujan. Potensi cuaca ekstrem mengancam. Termasuk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai dengan angin kencang.

Seperti yang dijelaskan oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda. Untuk tanggal 6-7 April 2021 saja, hujan lebat bakal mewarnai wilayah Kaltim. Empat kabupaten masuk dalam kategori waspada. Yakni Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu dan Berau.

Sedangkan potensi hujan harian hingga sepekan kedepan, yakni dimulai 6-11 April 2021, berpotensi besar seluruh Kaltim terjadi hujan sedang hingga lebat.

“Iya, berpotensi terjadi hujan disertai petir dan angin kencang,” Primarisky Wahyu Mumpuni, Forecaster BMKG Samarinda, Selasa (6/4/2021).

Hal ini serupa dengan beberapa kejadian yang terjadi di Kutai Kartanegara. Akibat cuaca yang cenderung ekstrem ini. Dilaporkan setidaknya ada lima bangunan dan lima Kepala Keluarga (KK) merasakan dampaknya. Akibat hujan deras disertai angin puting beliung.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara, 5 bangunan tersebut beragam tingkat kerusakannya. Namun tidak menimbulkan korban jiwa. Kerugian material tidak bisa terhindarkan. Disebut-sebut mencapai hingga Rp 170 juta.

Kepala BPBD Kutai Kartanegara Marsidik menyebutkan, kejadian tersebut terjadi pada Senin (5/4/2021) sore. Di L2 Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang. Marsidik mengingatkan dan mengimbau masyarakat waspada. Dan diminta segera mengamankan diri ditempat yang lebih aman.

“Segera keluar dan tinggalkan rumah, cari tempat yang aman,” terang Marsidik.

Terkait penanggulangan kebencanaan, BPBD Kukar komitmen dan siap ketika ada kejadian. Sekitar 200 personel disiapkan dan terbagi di 10 pos BPBD yang ada di Kukar. “Termasuk dibantu oleh relawan-relawan di Kukar,” pungkas Marsidik. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply