alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

IAIN Samarinda Gelar Seminar Nasional

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Samarinda gelar Seminar Nasional. Dengan keynote speaker Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Senin (5/4) siang kemarin.

Tema yang diangkat Wawasan Kebangsaan dan Pembangunan Daerah Menyambut (Ibu Kota Negara) IKN. Acara diselenggarakan di gedung Auditorium 22 Dzulhijjah IAIN Samarinda Jalan HM Rifaddin.

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan sejumlah catatan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Diantaranya harus mencerminkan identitas dan karakter bangsa. “Merencanakan pembangunan Ibu Kota Negara ini adalah identitas dan karakter bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Samarinda, Prof Dr H Mukhamad Ilyasin, M Pd menjelaskan sejumlah negara telah memperkuat karakter itu. Ia mencontohkan perbedaan di Beijing, ibu kota Tiongkok, dengan Shanghai. Atau kota-kota yang menjadi pusat bisnis dan industri di Tiongkok.

“Itulah pentingnya mengapa identitas dan karakter bangsa Indonesia harus benar-benar tampak melalui konsep pembangunan IKN,” tutur Prof H Mukhamad Ilyasin.
Ia menambahkan, optimisme kampus Islam juga sebagai salah satu kontribusi perguruan tinggi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM). “Kami selalu optimistis mengikuti perkembangan pemikiran terkait kebijakan IKN,” jelasnya.

Prof H Mukhamad Ilyasin menegaskan, sebagai bagian dari masyarakat Kaltim, tentunya harus memiliki peran penting terkait keberadaan IKN. “Karena kita tidak boleh hanya sekedar penonton belaka. Harus punya pengaruh adanya IKN ini,” kata Rektor dengan lugas. (top/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply