alexa

PDAM Danum Taka Bersihkan Jaringan Pipa

Tunjang Aktifitas Ibadah saat Ramadan

PPU, nomorsatukaltim.com – Jelang Ramadan. Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka bersih-bersih jaringan. Untuk menunjang masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) dalam urusan ibadah. Secara tidak langsung pastinya.

Direktur Utama PDAM Danum Taka, Abdul Rasyid menuturkan pelaksanaan ini memang rutin dilakukan. Namun kali ini pelaksananya ditepatkan.

“Ini kegiatan optimalisasi instalasi pengolahan air dan pencucian pipa induk (flushing). Juga dalam rangka peningkatan kualitas air, terutama menjelang bulan Ramadan,” jelasnya, Jumat, (2/4/2021).

Pelaksanaan sudah dimulai sejak pekan lalu. Adapun diberitahukan selama kegiatan berlangsung wilayah seperti Penajam dan Petung akan mengalami gangguan aliran air. Tentunya sementara saja.

Pembersihan pipa dilakukan pada seluruh unit instalasi pengolahan air. Keseluruhan unit ada enam.

“Itu untuk menyambut bulan Ramadan, kan kami tidak ingin nanti ibadah masyarakat terganggu karena ada masalah air. Jadi ya kami lakukan pembersihan secara total,” jelasnya.

Flushing adalah kegiatan pembersihan internal pipa, dengan cara mengaliri air secara terus-menerus ke dalam pipa dalam waktu dan pressure yang diinginkan. Sampai dipastikan bahwa internal pipa benar-benar bebas dari kotoran apapun.

Tujuannya agar semua kotoran atau benda-benda yang tidak diinginkan di dalam pipa sehingga sistem perpipaaan bisa berfungsi dengan baik.

“Selain kami menjamin kebutuhan air terpenuhi, kami juga jamin kualitas air bersihnya,” tutup Rasyid. (rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply