alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Pasar Ramadan di Kukar Boleh Buka, Asal…..

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pasar Ramadan bakal buka tahun ini. Beberapa titik bahkan disiapkan oleh pemkab. Hal itu ditegaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono.

Saat ini pemkab sedang merancang terkait tata cara pelaksanaannya di lapangan.

“Insyaallah sedang kami diskusikan sama teman-teman dari Satgas COVID-19,” ujar Sunggono.

Terkait pusat pasar Ramadan pun turut dibahas. Termasuk beberapa alternatif tempat yang bakal dijadikan pasar Ramadan. Ada beberapa opsi yang akan diambil. Diantaranya apakah memfokuskan pada satu titik pasar saja, sehingga lebih memudahkan dalam hal pengawasannya.

Atau dengan membaginya dalam beberapa titik. Tujuannya untuk memecah konsentrasi masyarakat yang berbelanja. Hal itu coba didiskusikan dengan pihak kecamatan juga.

Sunggono menginginkan apapun keputusannya, baik pembeli dan penjual tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara disiplin dan ketat. Ia berharap jangan sampai pelonggaran ini malah menciptakan klaster penularan baru COVID-19 di Kukar.

“Ya saya minta tolong masyarakat bersabar dulu sampai adanya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kabupaten,” pungkas Sunggono.

Terpisah, Camat Tenggarong Arfan Boma berharap pasar Ramadan bisa kembali tergelar pada tahun ini. Terlebih, memang Pemkab Kukar memang sedang melakukan relaksasi dibidang ekonomi. Agar perekonomian masyarakat di tengah terpaan COVID-19 tetap tumbuh.

“Semoga tahun ini bisa dilaksanakan mengingat sudah ada relaksasi dari pemerintah, mohon bersabar menunggu arahan pemkab,” terang Boma.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani mengatakan siap jika memang Pemkab kembali menggelar pasar Ramadan. Pasca ditiadakannya pada tahun lalu.

Bahkan pihaknya sudah menyiapkan teknis dan skenario pelaksanaan di lapangan. Seperti pengaturan pembeli dan penjual. Jaga jarak antar pengunjung, jumlah pengunjung yang berbelanja di dalam pasar Ramadan, hingga proses pengamanan pelaksanaannya.

“Semaksimal mungkin (dalam) mengawal kegiatan ini,” pungkas Fida. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply