alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Pasar Ramadan Balikpapan Tunggu Panduan Kementerian Agama

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pemkot mulai menerima pengajuan pembukaan pasar Ramadan Balikpapan. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi belum memutuskan izin tersebut. Lantaran masih menunggu panduan aktivitas Ramadan selama masa pandemi. “Belum. Petunjuk persiapan Ramadan belum kita terima,” ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Namun demikian, pihaknya akan menunggu sampai Jumat 5 April mendatang. Jika belum ada arahan juga, maka pihaknya tetap akan mengumumkan persiapan Ramadan 1442 Hijriah pada Sabtu 6 April.

“Tapi kalau nanti juga belum diterima maka kita akan umumkan hari Sabtu. Keputusan sendiri dari satgas. Sementara kita tunggu,” ungkapnya.

Menurutnya, antusias warga untuk memulai pasar Ramadan cukup besar. Selain ke empat pengelola pasar Ramadan yang sudah mengajukan perizinan lewat Dinas Perdagangan, ia sendiri juga sudah menerima permohonan dari masyarakat.

“Nanti kita lihat dulu petunjuk. Semoga sehari dua hari ini sudah ada dari Kementerian Agama. Jadi mohon bersabar dulu,” imbuhnya.

Meski dibayangi pandemi, nyatanya bulan suci Ramadan tetap menjadi momentum menumbuhkan minat warga memulai berusaha. Meski tak semua pelaku UMKM itu bisa tetap konsisten. Kebanyakan hanya memnafaatkan momentum saja. “Ya kalau pas puasa kita inginnya jualan. Untuk menambah pemasukan,” ujar Anto, warga Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Sementara warga sekitar Gunung Pipa di Balikpapan Barat, terpantau lebih konsisten. Lapak mereka yang berada persis di pinggir jalan tertata rapi dan tetap berjualan di bulan-bulan biasa dengan menjajakan kue dan sayur-sayuran yang sudah diolah.

Beberapa lokasi lain yang dijadikan pasar Ramadan biasanya berada di seputaran Plaza Kebun Sayur, Balikpapan Barat. Sementara untuk Balikpapan Utara memanfaatkan lahan persis di samping Hotel Platinum. Sebagian lagi berdiaspora di Kampung Timur.

Nah, kalau sedang berada di Balikpapan Timur, maka biasanya pasar Ramadan bisa ditemui di sepanjang Jalan Mulawarman dari arah Jembatan Manggar. Sedangkan untuk Balikpapan Selatan dan Balikpapan Kota, difasilitasi pusat-pusat perbelanjaan, seperti Balikpapan Super Blok (BSB) dan Balikpapan Plaza. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply