alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Pemkab Kubar Tingkatkan Kualitas Jalan Poros

Kubar, nomorsatukaltim.com – Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kubar, Marto Yosan  menegaskan peningkatan jalan poros terus dikerjakan. Bahkan, setiap tahun dianggarkan melalui APBD Kubar.

Diantaranya jalan poros Muara Pahu dari Kampung Belusuh, Kecamatan Siluq Ngurai, melintasi Kampung Tebisaq, Gunung Bayan. Yakni melakukan pengerasan akses darat dengan cara semenisasi bertulang. Dari poros Trans Kaltim ke Ibukota Muara Pahu.

“Jalan Gunung Bayan ini, ya sementara kami (DPUPR) kerjakan. Nah kalau jalan lama yang menembus dari Muara Pahu ke Kem Baru, ya mubazir jalan itu,” ungkap Ocan, panggilan akrab Marto Yosan baru-baru ini.

Ia menjelaskan, apabila masyarakat Muara Pahu ingin keluar ke akses poros Trans Kaltim, cukup melalui jalan poros tadi. Yang sudah ditingkatkan oleh DPUPR Kubar. Yakni ke Kampung Blusuh, Kecamatan Siluq Ngurai.

“Itu sudah dikeraskan dengan  aspal dan cor semua. Hanya beberapa kilometer saja yang belum dikeraskan dari Gunung Bayan ke Muara Pahu. Bahkan pada 2021 ini akan dikerjakan lagi,” urainya.

Bahkan akses yang dicor tersebut melintasi puluhan kampung.  Diantaranya Blusuh-Sangsang-Kiaq-Tebisaq-Gunung Bayan-Muara Pahu. Ocan  menuturkan, ruas jalan Tebisaq-Gunung Bayan-Muara Pahu-Penyinggahan, totalnya sepanjang 52 kilometer. Panjang ruas jalan yang sudah dikerjakan (pengerasan cor hingga aspal) 31,27 km.

“Panjang ruas jalan yang akan dikerjakan yaitu 20,73 km. Total anggaran untuk menuntaskan ruas jalan itu sebesar  Rp 145.939.200.000, melalui APBD Kubar,” jelasnya.

Ocan mengungkapkan warga bisa memantau langsung bagaimana kondisi akses dari Kampung Blusuh menuju Muara Pahu. Apakah sudah sangat layak dilintasi warga atau tidak. Karena jalan itu sudah dikeraskan dengan cara cor beton bertulang. Bahkan di kawasan Sangsang menggunakan aspal.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Camat Muara Pahu, Aspar, mengakui ada keluhan masyarakat terkait kondisi akses jalan darat.

“Karena dari Gunung Bayan ada jalan alternatif, jalan tambang batu bara ke Kem Baru yang berada di akses poros Trans Kaltim,” katanya.

Aspar menambahkan, akses poros dari Kampung Tanjung Laong ke Gunung Bayan total panjangnya  sekitar 18 Km. Dari panjang jalan itu, yang sudah di semenisasi sekitar 8,170 Km.

“Sudah masuk di musrenbang tahun anggaran 2022. Untuk tahun 2021 ini ada tambahan untuk semenisasi jalan dari Tanjung Laong ke Gunung Bayan,” urainya.(imy/boy)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply