alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Muhaimin Bertekad Bawa Pencak Silat Balikpapan Berjaya Lagi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Memulai membangun lagi geliat olahraga pencak silat di Kota Balikpapan. Adalah tujuan utama Muhaimin selama menjabat sebagai ketua Pengkot Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Balikpapan periode 2020-2024.

Ya, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan itu baru saja dilantik oleh Ketua Pengprov IPSI Kaltim Syaharie Jaang, Sabtu 27 Maret lalu di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan.

Sejatinya pelantikan direncanakan April 2020 lalu. Karena pandemi COVID-19, terpaksa harus ditunda dan baru terlaksana Maret ini. Program kerja utamanya yakni pembibitan hingga pembinaan atlet. Dengan menggelar kejuaraan pelajar tingkat kota. Sambil melihat perkembangan COVID-19 di Kota Minyak.

“Makanya kalau Juli belajar mengajar tatap muka bisa terlaksana. Kemungkinan di Agustus akan melaksanakan kejuaraan antar pelajar baik tingkat SD, SMP dan SMA,” ujar Muhaimin kepada nomorsatukaltim.com.

“Kalaupun jadi akan dikemas dalam rangka HUT Kota Balikpapan,” tambahnya.

Selain itu Muhaimin tentu ingin mengembalikan predikat juara umum yang pernah melekat pada Balikpapan. Sekitar era 90-an Balikpapan selalu meraih juara tingkat provinsi. Memasuki era milenial gelar itu sudah mulai hilang.

“Kami sudah pikirkan hal tersebut. Makanya ingin melaksanakan kejuaraan-kejuaraan termasuk tingkat pelajar. Agar kejayaan itu bisa kembali,” harapnya.

Sementara itu Syaharie Jaang  berharap penurunan prestasi Kota Minyak bisa lekas terhenti. Bisa bangkit bangkit lagi, sehingga persaingan antar daerah kembali bergairah.

“Jadi ini tugas ketua baru untuk mengembalikan kejayaan itu,” ujar Syaharie Jaang.

Pun begitu, jika melihat rencana program kerja yang akan dijalankan kepengurusan saat ini, rasanya Balikpapan bisa sejajar dengan daerah lain. “Keinginan melaksanakan kejuaraan antar pelajar sangat tepat. Karena pembinaan atlet dimulai dari level pelajar,” lanjutnya.

Ia pun berterima kasih kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi karena telah memfasilitasi terselenggaranya pelantikan. Termasuk mendukung penuh dunia olahraga termasuk pencak silat.

Sementara, Rizal berharap kepengurusan IPSI Balikpapan bisa terus berkembang dan menciptakan prestasi. Terlebih ini, merupakan olahraga populer dan merupakan warisan budaya. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply