alexa
disway ntt malang

Bola Tangan Balikpapan Bersiap Gelar Liga Ramadhan 2021

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Bola tangan memang tak bisa dipandang sebelah mata soal eksistensinya di Balikpapan. Meski pandemi pembinaan atlet tetap berjalan. Bahkan skuat Kaltim yang berlaga di PON Papua tahun ini didominasi atlet Kota Minyak. Ada 10 atlet yang di antaranya 6 putri dan 4 putra. Sebuah pencapaian yang sulit ditiru cabor lain.

Nama besar cabor bola tangan Balikpapan memang tidak serta merta hadir begitu saja. Tidak pula karena kebetulan dilimpahi atlet berkualitas. Tapi lebih pada apa yang Pengkot Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Balikpapan lakukan.

Selain melakukan latihan intes dengan pengawasan terukur. Mereka juga rajin membuat turnamen level kota ataupun untuk internal pengkot saja. Hal itu dibuat untuk membentuk mentalitas atlet dan mengukur sejauh mana mereka berkembang.

Nah, salah satu kejuaraan tahunan yang selalu dibuat adalah Liga Ramadhan. Tahun ini, kompetisi serupa akan digelar lagi. Tentu dengan beberapa penyesuaian akibat pandemi. Untuk kepesertaannya sendiri, hanya klub yang berasosiasi dengan ABTI Balikpapan saja yang akan dilibatkan.

“Ini khusus untuk atlet yang sudah latihan rutin bersama ABTI Balikpapan. Jadi nanti mempertemukan antar klub yang masuk dalam keanggotaan ABTI Balikpapan,” ujar Ketua Pengkot ABTI Balikpapan Suraji, Senin 29 Maret 2021.

Ditambahkan Suraji Liga Ramadhan tersebut juga sebagai ajang pemanasan atlet sebelum bertolak ke Papua. Pun dengan atlet yang dipersiapkan Pra Porprov. Mereka mesti mendapatkan banyak jam tanding sebelum turun di babak kualifikasi tersebut pasca lebaran Idulfitri nanti.

“Sejauh ini sudah ada gambaran skuat yang akan kita turunkan di enam nomor (Pra Porprov). Indoor (putra-putri), outdoor (putra-putri), dan pantai (putra-putri),” tambahnya.

Meski demikian, ABTI Balikpapan masih terus memantau perkembangan atlet. Bukan tidak mungkin seleksi masih berlanjut dengan sistem promosi degradasi pada skuat Pra Porprov. Di sisi lain ambisi bola tangan Balikpapan tak main-main di Porprov nanti. Andai semua nomor lolos mereka menargetkan juara umum. “Paling tidak semua nomor bisa masuk final,” harap Suraji. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply