alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Soal Mudik Lebaran, Pemkot Balikpapan Tidak Bikin Aturan Khusus

Balikpapan, nomorsatukaltim.comPemkot Balikpapan belum mengatur perjalanan mudik Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah. Khususnya di jalur penerbangan dan jalur laut. “Saya kira enggak ada pengetatan khusus,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Sabtu (27/3/2021).

Menurutnya, tidak banyak warga Kota Minyak yang memanfaatkan momen Lebaran untuk mudik. Kecuali sebagian karyawan perusahaan nasional seperti Pertamina. “Karena memang mungkin keluarganya bukan di sini. Keluarganya rata-rata di Jawa,” katanya.

Wali kota dua periode itu menilai jumlah warga yang akan mudik kecil sekali. Mengingat kondisi pandemi masih menjadi momok.

Masyarakat dinilai mulai menyadari pentingnya untuk menghindari mudik agar tidak menyebabkan penularan baru ke daerah tujuannya masing-masing. “Hampir sebagian besar para pekerja di Balikpapan memang warga kota. Jadi tidak ada persoalan,” katanya.

Namun demikian, satgas akan tetap memgimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik tahun ini. “Kita minta jangan ada yang mudik. Karena sudah ada keputusan dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Selain itu, pemkot juga sudah menerapkan aturan larangan mudik selama masa pandemi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Ya kan ada PP 51. Sanksinya mulai tingkat teguran sampai tingkat yang lebih berat,” terangnya.

Berkaca dari tahun sebelumnya, ASN di Pemkot Balikpapan bisa mengikuti aturan tersebut. “Saya kira enggak banyak PNS yang mudik. Karena rata-rata tinggalnya semua di sini. Kalau ke Samarinda itu lain mudik, itu kan cuma bolak-balik,” imbuhnya. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply