alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Api Terlihat Hingga 5 Kilometer

JAKARTA, nomorsatukaltim.com – Kebakaran terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. Kobaran api terlihat hingga radius lima kilometer.

“Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, Senin (29/3/2021) dikutip dari Antara.

Suci mengungkapkan jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun sejauh ini, api terlihat membumbung tinggi.

Baca juga: Kebakaran di Area Kilang, Pertamina RU V Balikpapan Pastikan Tak Pengaruhi Operasional

“Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” kata Suci.

Warga lainnya bernama Dedi menuturkan hal yang sama. Kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.

“Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata dia lewat telepon, dilansir dari CNN Indonesia.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non-BBM dan Petrokimia.

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina Keluarkan Asap Tebal, Pekerja RDMP Balikpapan Dievakuasi

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

Berdasarkan luasan wilayah, operasional kilang yang beroperasi sejak 1994 itu, mencakup daerah Balongan, Mundu, dan Salam Darma. Kilang beroperasi dengan mengambil bahan baku minyak mentah dari Duri dan Minas di Riau.

Dari segi kapasitas, semula Kilang Balongan memiliki kapasitas sebesar 125 MBSD. Namun, belum lama ini, Pertamina tengah meningkatkan kapasitas kilang menjadi 150 MSBD. Kapasitas kilang juga ditingkatkan agar bisa menghasilkan naptha dari volume awal sekitar 5,29 MBSD menjadi 11,6 MBSD.

Dengan kapasitas tersebut, peran Kilang Balongan menjadi strategi bagi bisnis Pertamina sekaligus pasokan minyak nasional.

Di sisi lain, Kilang Balongan merupakan salah satu kilang dengan teknologi yang relatif baru dan punya nilai ekonomis tinggi bagi masyarakat. Hasil produk dari kilang tersebut, yaitu Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (minyak tanah), LPG, dan Propylene.

“Pertamina RU VI mempunyai kontribusi yang besar dalam menghasilkan pendapatan baik bagi PT Pertamina maupun bagi negara. Selain itu RU VI Balongan mempunyai nilai strategis dalam menjaga kestabilan pasokan BBM ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia,” ungkap Pertamina dalam situs resminya. (cnn/zul)

Berita ini telah terbit di CNN Indonesia dengan judul Kilang Minyak PT Pertamina di Indramayu Terbakar

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply