alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Borneo FC Babak Belur, Kalah 4-0 dari Persija Jakarta

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Selesai sudah perjalanan Borneo FC Samarinda di Piala Menpora 2021. Dua laga tanpa kemenangan membenamkan mereka di dasar klasemen. Kekalahan dari Persija dengan skor 4-0 di Stadion Gajayana Malang semakin mempertegas bahwa Borneo perlu banyak perbaikan. Dua laga, 0 poin, 0 gol, dan 5 kali kebobolan!

Borneo FC Samarinda dipastikan gugur karena tak mampu mendapat poin di dua laga Grup B. PSM (pemuncak klasemen Grup B), Bhayangkara, dan Persija masih punya peluang lolos dengan syarat mendapat hasil baik di laga terakhir.

Babak Pertama

Persija yang unggul kualitas langsung menyerang habis-habisan Borneo FC Samarinda. Tapi rapinya organisasi pertahanan yang digalang Javlon, Komang, dan Wildansyah membuat permainan Persija selalu mentok di lini terakhir.

Hingga 10 menit pertandingan berlangsung, Persija terus-menerus mengeksploitasi Leo Guntara di sisi kiri pertahanan Borneo FC.

Saking seringnya bola berada di area Borneo, kiper Persija Andritany baru menyentuh bola pada menit ke-12. Itu pun bukan di situasi serangan berbahaya.

Pertandingan berumur 15 menit, barulah peluang emas pertama di pertandingan ini terjadi. Adalah Marco Simic yang mendapatkannya. Menerima sodoran manja dari Ramdhani Lestaluhu, Simic menyundul bola yang masih mampu diselamatkan oleh Gianluca.

3 momen emas Persija berturut-turut didapat pada menit ke-17, 27, dan 30. Tapi kembali, Gianluca menjadi pahlawan Borneo dengan membuat penyelamatan brilian.

Di tambahan waktu babak pertama, Simic mendapat peluang emas lagi. Ia lari tak terkawal di area pertahanan Borneo. Sudah masuk kotak penalti, namun Komang yang lari mengejar dari belakang berhasil menyontek bola keluar. Sesaat sebelum Simic menendang bola.

Masih di tambahan waktu, Simic kembali punya peluang besar mencetak gol. Dari kemelut yang terjadi, ia mendapat umpan liar. Dari jarak sangat dekat, Simic menendang bola yang sayang baginya. Gianluca masih terlalu tangguh. Gian menepis bola dengan kakinya.

Tapi dari situ, muncullah petaka bagi Borneo. Tendangan penjuru yang terjadi kemudian menjadi gol. Setelah Marco Motta berhasil menyentuh bola kiriman Klok dengan sempurna. GOL! Babak pertama berkesudahan 1-0 untuk Persija Jakarta.

Babak Kedua

Borneo FC bermain lebih terbuka di babak kedua. Namun serangan yang lagi-lagi dari sisi sayap mampu dibaca. Justru mereka kebobolan lagi oleh gol terukur Osvaldo Haay di menit ke-49. Setelah Surahman gagal mengantisipasi bola.

Menit ke-56 dan 62 Persija dapat peluang emas lagi lewat Toni Sucipto dan Ramdhani Lestaluhu. Tapi masih bisa diamankan pemain belakang Borneo. Setelahnya, Borneo merespons lewat dua peluang dari tendangan pojok. Di mana bola sundulan Wildan dan Fajar masih melenceng.

Persija lalu membunuh pertandingan pada menit ke-66 lewat gol Yan Motta. Yang lagi-lagi berawal dari sepakan Klok dari situasi tendangan penjuru.

Borneo masih belum menyerah, tapi upaya serangan mereka buntu lagi dan lagi. Simic dapat peluang matang pada menit ke-84. Tapi dua kali upaya beruntunnya mampu dicegah oleh Angga Saputro yang melakukan double save.

Simic yang melewatkan banyak peluang di laga ini akhirnya memecah kebuntuan. Gol dibuatnya pada menit ke-87. Gol tersebut menutup laga ini dengan skor 4-0 untuk kemenangan Macan Kemayoran. (frd/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply