alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Kebiasaan Makan dan Minum yang Ganggu Tidur

Jakarta, nomorsatukaltim.com – Kebiasaan makan dapat mempengaruhi kualitas tidur. Sejumlah kebiasaan makan yang buruk dapat mengganggu tidur Anda.

Hindari kebiasaan makan yang dapat merusak istirahat malam Anda. Berikut tujuh kebiasaan makan yang mengganggu tidur.

Pertama, asupan kafein. Asupan kafein yang terlalu banyak dan dikonsumsi menjelang tidur dapat memicu insomnia. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Pasalnya, kafein memberikan sinyal di otak untuk tetap terjaga.

Kedua, makan dalam jumlah besar. Makan dalam jumlah besar sebelum tidur dapat membuat perut kembung. Sehingga sulit tidur dan kerap terjaga di malam hari.

Hindari pula makan makanan berlemak sebelum tidur. Karena membutuhkan waktu lebih lama dicerna dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berbaring.

Ketiga, makan banyak gula. Konsumsi camilan atau makanan yang tinggi gula dapat mengganggu tidur di malam hari.

Dikutip dari CNN, studi menunjukkan, makanan yang mengandung gula tinggi dapat membuat perempuan pasca menopause berkeringat di malam hari.

Keempat, makan makanan pedas. Konsumsi makanan pedas juga dapat membuat perut mulas dan tidak nyaman saat tidur di malam hari. Tak hanya makanan pedas, makanan yang mengandung asam juga dapat membuat sulit tidur di malam hari.

Kelima, konsumsi alkohol. Minum-minuman beralkohol di malam hari juga bakal mengganggu tidur. Konsumsi alkohol sebelum tidur dikaitkan dengan dehidrasi, sakit kepala, dan juga sering buang air kecil di malam hari.

Keenam, terlalu banyak minum air. Terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan terbangun di malam hari.

Ketujuh, diet ketat membatasi kalori. Diet ketat dengan membatasi kalori juga dapat mengganggu tidur. Kekurangan kalori membuat tubuh tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi. Tidur pun menjadi tak berkualitas.

Selain itu, kekurangan maupun kelebihan berat badan juga dapat memicu sleep apnea atau napas berhenti saat tidur.

Hindari kebiasaan makan yang membuat tidur terganggu. Agar istirahat malam berkualitas. Jalani pula gaya hidup sehat. Agar tidur semakin nyenyak. (cnn/qn)

SUmber: 7 Kebiasaan Makan yang Ganggu Tidur

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply