alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Gubernur Kaltim Lepas Ekspor ke 10 Negara

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Eksistensi ekspor para pelaku usaha kecil menengah (UKM) tetap terjaga meski di tengah pandemi COVID-19. Terbukti, Gubernur Kaltim Isran Noor kembali melepas ekspor ke 10 negara. Yakni China, Singapura, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Pakistan, India dan beberapa negara di Eropa. Dengan nilai mencapai USD 2 juta. Atau setara Rp 28,8 miliar lebih.

Ada 9 pelaku UKM yang melakukan ekspor. CV Masagenah, dengan produk yang diekspor adalah rayung, kopra dan lidi nipah. Negara tujuan, Pakistan dan India. PT Garuda Sinar Perkasa, mengekspor minyak jelantah dengan tujuan ke Eropa.

Lalu, CV Alfa Moulding, kayu olahan ulin ke Jepang. CV Wana Karya, kayu moulding decking, beam, dan stick dengan negara tujuan yang sama.

Kemudian, Koperasi Produsen Bina Taruna Mandiri yang mengekspor amplang ke Taiwan. CV Tiga A, mengekspor ikan segar, kepiting dan udang ke Malaysia. Delli Coffe, mengekspor roasted kopi ke Singapura.

Setelah itu, CV Multi Sarana Jaya mengirimkan rumput laut kering ke Korea Selatan. Dan Koperasi Nelayan Karunia Abadi, mengekspor hasil laut gurita ke China. “Jujur saja, peran UKM sangat besar di Provinsi Kaltim,” sebut Isran Noor, usai pelepasan ekspor, Rabu (24/3/2021).

Isran merasa bahagia. Karena meski pandemi, ekspor Kaltim terus bergerak maju. Keuntungan Kaltim lainnya, lantaran ekspor sudah bisa dilakukan langsung ke negara tujuan melalui Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal (KKT), Balikpapan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltim, HM Yadi Robyan Noor menyebut hal ini merupakan langkah konkrit. Untuk peningkatan dan percepatan ekspor non-migas di masa COVID-19.

Roby pun menyampaikan, pihaknya akan terus memberikan motivasi bagi para pelaku UKM. Untuk tetap meningkatkan ekspor di masa krisis seperti ini. “Meningkatkan UKM ekspor dengan produk baru, unik dan pelaku baru. Terpenting harus tetap menjaga loyal buyers,” ujarnya.

Tak hanya itu, Roby mengatakan, pemerintah pusat sangat mendukung dan menyediakan program serta kegiatan melalui APBN untuk Bumi Mulawarman.

Terpisah, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag RI, Kasan mengaku sangat bangga kepada gubernur Kaltim. Secara virtual, dari Moscow, Rusia, Kasan menyampaikan apresiasinya tersebut.

“Gubernur Isran Noor yang terus memberikan perhatian dan motivasinya. Secara baik dan serius, sehingga pelaku UKM Kaltim bisa terus maju menembus pasar global di masa yang sangat berat dan sulit akibat COVID-19,” ucap Kasan, di sela dirinya melaksanakan tugas misi dagang Indonesia di Negeri Tirai Besi.

Tak hanya mendapatkan pujian dari Dirjen PEN Kemendag RI. Isran juga mendapatkan apresiasi dari Deputi Perkoperasian Kemenkop Ahmad Zabadi dan Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

Kata Ahmad Zabadi, perhatian Isran kepada UKM sangat manis. Karena bukan hanya sukses menjadi pemenang dan juara di berbagai ajang lokal, regional atau nasional. Tapi juga sukses merebut hati para buyer internasional.

“Kaltim berada dalam koridor yang tepat karena pasar global memiliki pangsa pasar konsumen (demand side) jauh lebih besar. Yaitu lebih dari 3 miliar orang, dibanding dalam negeri yang hanya sekitar 250 juta orang,” pungkas Ahmad Zabadi. (nad/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply