alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Jalan Gajah Mada Depan Kantor DPRD Paser “Angker”, Truk Selalu Jadi Korban

Paser, nomorsatukaltim.com – Jalan Gajah Mada depan kantor DPRD Paser makan korban lagi. Lagi-lagi truk bermuatan kelapa sawit. Untuk kesekian kalinya.

Truk merah dengan pelat KT 8793 VC, muatan sawit hampir terguling. Beruntung masih bisa dikendalikan. Yakni dipasang atau ditahan dengan beberapa buah kayu balok, guna tak roboh dan sawit berhamburan. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (26/3/2021) pagi sekira pukul 06.00 Wita.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Paser, Inayatullah menuturkan telah mendapat informasi itu. Dari informasi yang diterimanya, saat ini truk tengah ditahan guna dilakukan pendataan lanjutan di Polres Paser.

“Truk itu ditahan. Karena disinyalir kelebihan muatan. Walaupun belum ada bukti autentik berupa alat timbangan portable, jembatan timbang yang juga kami belum punya,” kata Inayatullah.

Truk disinyalir melebihi muatan. Karena melebihi bak.

“Itu sementara yang dijadikan asumsi untuk menyatakan kelebihan muatan. Jadi saat ini masih ditahan. Termasuk surat menyurat menjadi kewenangan kepolisian,” sambungnya.

Terkait batas muatan truk, diterangkan Inayatullah jika Jalan Gajah Mada berstatus jalan kabupaten, dan kelas IIIA. Yang mana maksimal Muatan Sumbu Terberat (MST) tak lebih dari 8 ton. Terkait dengan langkah selanjutnya, dikatakannya saat ini tengah dilakukan rapat dengan kasatlantas Polres Paser.

“Ya saat ini kabid pembinaan dan pengendalian Dishub sedang rapat dengan kasatlantas, terkait merumuskan langkah-langkah penindakan maupun langkah representatif,” tutup Inayatullah.

Kendaraan berhasil dikeluarkan dari ruas rusak itu, setelah satu unit alat berat ekskavator diturunkan untuk mendorong truk tersebut. Sementara dari pantauan awak media ini, pukul 15.30 Wita dilakukan penataan jalan di TKP itu. Dimana diturunkan dua unit alat berat jenis ekskavator dan vibro compactor.

Sebagai catatan, sebelumnya Kamis (25/3/2021) pukul 05.40 Wita terjadi hal serupa di TKP yang sama. Dimana truk muatan kelapa sawit jenis Toyota Dyna putih dengan plat KT 8396 EF terguling, usai supir lepas kendali saat menghindari lubang. (asa/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply