alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Calon Jamaah Haji Kukar Mulai Divaksin

KUKAR, nomorsatukaltim.com – Vaksinasi COVID-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) terus berjalan. Perlahan tapi pasti. Kini giliran calon jamaah haji Kukar dan kelompok lanjut usia (lansia) mendapat giliran vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di tiga tempat. Yakni di Gedung Beladiri Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, RSUD Dayaku Raja Kota Bangun, dan RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti (Abadi) Samboja. Dengan jumlah penerima mencapai 1.077 orang. Terbagi atas 577 calon jamaah haji dan 500 orang dari kelompok lansia.

Perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nurul Jamal mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di Kukar. Dijelaskan ini sebagai langkah persiapan pemerintah dalam mempersiapkan calon jamaah haji Indonesia. Sebagai informasi, vaksinasi COVID-19 menjadi satu dari berbagai persyaratan yang harus dan wajib dipenuhi untuk melaksanakan ibadah haji, dimasa pandemi COVID-19. Selain vaksinasi meningitis.

“Ini bagaimana langkah kita menyiapkan jamaah haji (Kukar) untuk keberangkatan tahun 2021 ini,” ujar Jamal setelah memantau pelaksanaan vaksinasi massal, Kamis (25/3/2021).

Vaksinasi ini sebagai persiapan. Kalau sewaktu-waktu pemerintahan Arab Saudi, selaku otoritas pelaksanaan haji, kembali membuka pintu kedatangan jamaah. Salah satunya calon jamaah haji dari Indonesia. Setidaknya ketika ibadah haji diperbolehkan, jamaah Indonesia siap berangkat.

Khusus jamaah haji Kukar yang tervaksin tahap pertama ini, akan terdata secara otomatis. Ke dalam sistem informasi kesehatan haji. Penerima vaksin akan terpantau secara nasional. Terkait kesiapan dan status kesehatannya pasca divaksin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Imam Pranawa Utama menyebut 577 calon jamaah haji yang divaksin ini memang menjadi sasaran utama Diskes Kukar. Dan hanya dikhususkan bagi calon jamaah haji untuk 2021.

Imam pun memastikan, karena geografis Kukar yang cukup luas. Maka beberapa puskesmas pun dilibatkan untuk melayani vaksinasi untuk calon jamaah haji. Yakni kecamatan-kecamatan yang jaraknya jauh, dari tiga lokasi utama yang sudah ditunjuk sebelumnya.

“Target selesai hari ini, tapi yang berhalangan pada hari ini akan ditangani teman-teman puskesmas,” pungkas Imam. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply