alexa
disway ntt malang

Rumah Kosong Telah Dirobohkan, Akhirnya Warga RT 25 Klandasan Ulu Tenang

Tenang sudah batin warga RT 25 Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Rumah tak berpenghuni yang nyaris ambruk itu sudah dirobohkan tim gabungan. Kini warga dapat kembali istirahat dengan nyaman.

nomorsatukaltim.com– Proses pembongkaran rumah kosong tersebut dimulai Selasa (23/3/2021) dan Rabu (24/3/2021). Dilakukan oleh tim gabungan Brimob Polda Kaltim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, dan relawan. Pada Rabu (24/3/2021), pembongkaran mulai pukul 11.00 Wita.

Evakuasi sempat menemui kendala, lantaran lokasinya berada di permukiman padat penduduk serta jalur yang sempit. Petugas pun harus menggunakan tali kapal untuk melakukan pembongkaran rumah tersebut.

“Ini ada kita pakai tali kapal untuk menahan bangunan, agar tidak jatuh ke depan atau menimpa bangunan di sampingnya,” ujar Camat Balikpapan Kota, Herru Ressandy ditemui di lokasi.

Herru mengatakan, pembongkaran tersebut telah dikoordinasikan dengan pemilik rumah yang berada di Jawa Barat. Hanya saja pemilik rumah belum merespons terkait rencana pembongkarannya.

“Kita sudah mengabari melalui Pak RT, sudah di WA (WhatsApp) juga tapi belum ada jawaban. Nah, tapi sebelumnya pernah beliau mengiyakan kalau misalnya bangunan yang roboh bisa dibongkar, karena dulu bangunan yang di belakang itu sempat roboh dan waktu itu kita mau bikin talang sebagai drainase,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Balikpapan, Usman Ali mengatakan, proses pembongkaran memang memakan waktu, lantaran lokasi bangunan cukup berdekatan dengan bangunan lainnya. Hingga akhirnya pada pukul 16.00 Wita, bangunan tersebut sudah roboh.

“Kendalanya sempit dan kondisinya sudah parah, jadi petugas sangat berhati-hati. Tapi sudah bisa kita robohkan,” ujarnya.

Diketahui dari kejadian ini terdapat dua rumah yang terdampak. Satu rumah dengan 3 kepala keluarga (KK) dan sebelas jiwa, serta satu rumah dengan satu KK dan tiga jiwa. Saat ini, para korban terdampak sedang mengungsi di rumah keluarganya yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Diberitakan sebelumnya, warga RT 25 Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan geger. Akibat pergerakan tanah, salah satu rumah terancam ambruk. Siap menimpa tiga rumah lain yang berada di bawahnya.

Pergeseran tanah ini terjadi pada Senin (22/3) malam, pukul 23.00 Wita. Rumah yang terletak di Jalan Melati RT 25 Klandasan Ulu itu tampak siap menimpa bangunan di bawahnya. Tiang-tiang penyangga rumah tampak patah, pun beberapa juga miring. Tak terawatnya rumah tersebut, lantaran sudah dua tahun terakhir tak ditinggali pemiliknya.

Karena kondisi bangunan yang semakin parah dan membahayakan warga sekitar, terlebih saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Balikpapan. Pihak kecamatan mengambil langkah antisipasi, dengan merobohkan sebagian bangunan tersebut. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply