alexa
disway ntt malang

Surat Bebas COVID-19 Palsu Marak

TANJUNG REDEB, DISWAY – Koordinator Wilayah (Korwil) Berau, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan, M Husain mengungkapkan, menemukan lima surat keterangan palsu bebas COVID-19 tes swab Antigen. Terutama transportasi udara.

Teranyar di Maret, pihaknya mendapatkan surat kesehatan palsu yang mengatas namakan salah satu klinik di Kabupaten Berau.

“Karena kami sudah mengetahui dokter-dokter yang bekerja di klinik tersebut, mereka dengan mudah mengetahui bahwa itu palsu,” ujarnya kepada Disway Berau, Selasa (23/3).

Saat ditanya darimana mendapatkan, calon penumpang menyebut mendapatkan dari calo penerbangan dengan menawarkan surat keterangan bebas COVID-19 tanpa tes swab Antigen.

“Kemungkinan mereka takut melakukan tes Antigen, akhirnya memilih untuk menggunakan surat palsu. Tidak jarang juga yang sengaja mengganti namanya sendiri,” sebutnya.

Terkait penindakan, calon penumpang yang menggunakan surat keterangan palsu diserahkan ke Aviation Security (Avsec) atau Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP).

“Tindak lanjut dan penyelasaian bukan wewenang KKP. Kami hanya mencek keaslian surat keterangan tersebut,” tuturnya.

Pun kedatangan, pihaknya tidak melakukan validasi surat keterangan bebas COVID-19. Hanya mengambil health alert card (HAC) atau kartu kewasapadaan kesehatan.

“Mereka yang melakukan perjalanan wajib memiliki HAC. Dengan aplikasi itu, bisa mengecek penumpang telah melakukan pemeriksaan kesehatan atau tidak,” pungkasnya. *DEW/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply