alexa
disway ntt malang

Satu Desa Karantina Wilayah

TANJUNG SELOR, DISWAY – Melonjaknya warga Desa Sajau Metun terpapar virus Corona, membuat desa di Kecamatan Tanjung Palas Timur itu, harus karantina wilayah.

Saat ini, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan, Fatokah, pengawasan dan penjagaan dilakukan oleh Satgas Desa. Dan, pihaknya pun akan menerjunkan peronel, untuk melakukan penjagaan dan pengawasan di lokasi karantina wilayah itu.

“Kemungkinan akan ada posko penjagaan di sana. Sehingga, masyarakat yang karantina tidak seenaknya keluar dari desa itu. Begitu juga sebaliknya, orang luar tidak boleh masuk di kawasan itu,” kata Fatokah, Selasa (23/3).

Ia juga mengatakan, penetapan status karantina wilayah akan dibuatkan surat. Sehingga, suplai logistik di wilayah tersebut, bisa dibantu pemerintah. “Akan kami koordinasikan dengan BPBD Provinsi. Kalau untuk BPBD Kabupaten, belum ada bantuan logistik ke sana,” ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), yakni terkait dana desa yang bisa digunakan untuk penganganan COVID-19.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kaltara, Andi Santiaji mengatakan, jika memungkinkan, suplai logistik bisa saja diberikan oleh Pemprov Kaltara, melalui belanja tidak terduga (BTT).

Namun, lanjutnya, karantina wilayah di desa itu harus benar-benar disiplin. Dan, Pemkab Bulungan harus benar-benar melakukan pengawasan dengan ketat. Sehingga, virus yang berada di dalam desa itu tidak menyebar ke desa tetangga.

“Kami juga dapat informasi desa-desa yang berada dekat dengan Desa Sajau Metun sudah siaga,” ujarnya. */fst/rei

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply