alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Pandemi, Joni Dorong Pemkab Buat Pelatihan Kewirausahaan UMKM

Kutim, Nomorsatukaltim.com – Ketua DPRD Kutim Joni S.Sos., menjelaskan, bahwa kebangkitan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat ini harus menjadi prioritas. Kebangkitan ekonomi di masa pandemi ini, merupakan kunci sukses perekonomian daerah. Salah satunya dengan Pelatihan Kewirausahaan.

Menurutnya, sebagai salah satu pilar penggerak ekonomi kerakyatan, UMKM perlu diberikan perhatian terutama saat terjadinya pelemahan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Untuk itu, menurut Joni Pemkab Kutim dan pihak swasta harus merangkul para pelaku UMKM serta mengambil langkah konkret menyelamatkan keberlangsungan UMKM di Kutim.

Joni memberikan apresiasi penuh dengan adanya kios Kecamatan Karangan untuk penguatan ekonomi pedesaan yang tangguh, namun dirinya juga ingin hal ini tidak berlangsung sementara saja. Sehingga perlu peran serta dari unsur pemerintah dan pihak stake holder yang berada di Kecamatan Karangan.

“Harus ada dorongan pelatihan dari Pemkab Kutim dan stake holder di Karangan untuk UMKM, agar mereka bisa berinovasi untuk produknya dan laku di pasaran,” kata Joni saat melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (24/03/2021).

Joni menuturkan, strategi jitu diperlukan agar para pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan ketat dari para kompetitor, termasuk proses produksi dan manajemen usahanya perlu diperkuat melalui pelatihan kewirausahaan mengenai strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu Joni menjelaskan tentang cara pengemasan produknya perlu terus ditingkatkan, agar dapat lebih bersaing di pasaran. Dengan demikian, pelatihan kewirausahaan mandiri yang diberikan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM yang ada di Kecamatan Karangan.

Sebagai Ketua DPRD dirinya mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melihat, membeli, memakai, dan mengonsumsi produk UMKM asal Kecamatan Karangan.

Dikatakan Joni Dengan konsumsi produk-produk UMKM, diharap menjadi langkah kecil yang akan sangat bermakna untuk mendorong mereka. Bahkan ikut menyebarluaskan produk unggulan dari Kecamatan Karangan kepada masyarakat luas di Kutim menjadi kontribusi besar mengembangkan UMKM.

Diharapkan jika pelatihan kewirausahaan ini diterapkan dan direalisasikan pada UMKM di Kecamatan Karangan menjadi suatu bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan UMKM agar bisa meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan produk bermutu.

“Kami ingin bersinergi bersama masyarakat pelaku UMKM untuk terus maju meningkatkan bisnisnya dengan melakukan strategi yang tepat. Untuk itu, sebagai bentuk kontribusi dan tanggung jawab kami sebagai pelaku Usaha di Kecamatan Karangan,” tuturnya. (adv/eko)

dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply