alexa
disway ntt malang

Jalan Ambles Depan RSUD Panglima Sebaya Belum Diprioritaskan Pemkab Paser

Paser, nomorsatukaltim.com – Hingga kini, jalan ambles di Paser masih ada. Di antaranya akses menuju Kompleks Perkantoran Gentung Temiang, tepat depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya, Desa Tepian Batang Kecamatan Tanah Grogot.

Pemkab belum menjadikannya prioritas. Mengingat tak ada tanda-tanda bakal diperbaiki. Alhasil ruas ambles itu berdampak pada disfungsi jalur dua. Penurunan jalan dengan panjang sekira 30 meter, diperkirakan telah beberapa tahun lalu, dan semakin parah pada medio Januari lalu.

Dikonfirmasi terkait kerusakan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser, Hasanuddin Maradje mengungkapkan, perbaikan tak dapat dipastikan kapan terlaksana, karena belum terakomodasi.

“Usulan (perbaikan) selalu kami ajukan tiap tahunnya. Hanya saja belum ada realisasi,” kata Hasanuddin, Rabu (24/3/2021).

Tak adanya kepastian untuk ditangani, masyarakat pun harus kembali bersabar. Pihaknya mengupayakan perbaikan dapat realisasi medio 2021 ini dengan memanfaatkan APBD Perubahan.

“Karena keterbatasan anggaran, jadi pending (tunda) dulu. Apakah nanti (APBD) Perubahan atau tahun anggaran berikutnya. Semua tergantung kondisi keuangan daerah,” sebut dia.

Untuk perbaikan ruas jalan ambles, diungkapkan Hasanuddin, bakal menelan anggaran cukup besar. Karena pemeliharaan juga dilakukan untuk pondasi sekitar.

“Itu bukan Rp 100 juta atau Rp 200 juta. Jika dikalkulasikan mencapai sekira Rp 5 miliar,” tandasnya.

Sembari menunggu pengerjaan dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, pemerintah daerah bergerak cepat dengan memasang road barrier, sebagai penanda bagi pengendara. Sementara akses menuju Kompleks Perkantoran Gentung Temiang, tepat dari Jalan Kesuma Bangsa pun dipalang. (asa/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply