Tips Sederhana Meraih Kebahagiaan

KEBAHAGIAAN tampak begitu personal. Buat Anda, bahagia mungkin sesederhana menerima pesan teks dari si dia. Namun buat orang lain, bahagia bisa jadi belanja baju dan makan di restoran favorit.

Apa pun yang jadi sumber bahagianya, membangun kebiasaan positif penting pula dilakukan. Ada berbagai kebiasaan kecil yang tak disadari ternyata bisa membuat Anda bahagia.

Kebiasaan-kebiasaan ini perlahan akan menghantar Anda pada perasaan bahagia. Satu per satu, coba bangun kebiasaan berikut selama beberapa hari, seminggu, sebulan hingga terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, tersenyum. Melansir dari Healthline, kita tersenyum karena bahagia. Namun ini sebenarnya bisa berlaku dua arah. Senyum bisa merangsang otak untuk merilis dopamin. Sehingga timbul perasaan bahagia.

Bukan berarti Anda harus pasang senyum palsu sepanjang waktu. Jika suatu waktu mengalami hal yang buat Anda tak menyenangkan, coba tersenyum dan rasakan perubahannya. Mungkin Anda juga bisa memulai pagi dengan menatap cermin dan tersenyum. Agar menjalani hari dengan semangat.

Kedua, melakukan aktivitas fisik. Meski bertajuk aktivitas fisik, bukan berarti elemen mental tidak ikut terlibat dan memperoleh manfaat. Aktivitas fisik bisa mengurangi kecemasan, stres, mengurangi gejala depresi juga menambah rasa bahagia.

pemprov iduladha

Aktivitas fisik apa saja yang bisa dilakukan? Sebenarnya ini tidak selalu dengan aktivitas fisik berat dan menguras keringat. Anda bisa jalan kaki sekitar rumah, mengikuti kelas yoga pemula secara online, peregangan ringan tiap bangun tidur atau sela-sela kegiatan di rumah. Berdansa atau menari mengikuti irama musik favorit pun bisa dihitung aktivitas fisik.

Ketiga, konsumsi makanan bergizi. Melansir dari Mayo Clinic Health System, asupan makanan yang bergizi berhubungan dengan kesejahteraan (wellbeing) secara menyeluruh. Perhatikan kebutuhan nutrisi termasuk karbohidrat, lemak dan protein. Juga mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Untuk kaborhidrat sebaiknya pilih pangan sumber karbohidrat kompleks. Seperti roti gandum, beras merah, kentang, dan jagung. Kemudian protein bisa dari pangan nabati misal tahu dan tempe. Sedangkan pangan hewani misal daging merah, telur, daging ayam, dan ikan. Lemak pun pilih lemak sehat misal minyak zaitun, alpukat dan ikan-ikanan berlemak termasuk ikan kembung.

Sayuran dan buah usahakan konsumsi dalam kondisi segar dan memiliki warna beragam. Tak kalah penting, konsumsi makanan yang mampu mendukung kesehatan usus. Agar penyerapan nutrisi pun sempurna. Jenis makanan yang turut menyehatkan usus antara lain yogurt, kombucha, kimchi dan jenis makanan fermentasi lain.

Keempat, pilah berita dan informasi. Penting untuk tetap up to date atau mengetahui informasi terkini lewat portal berita maupun media sosial. Kadang tak perlu dicari pun, informasi-informasi ini seolah menghampiri. Agar tidak terlalu ‘tenggelam’ dalam aliran informasi termasuk hoaks, informasi yang tidak jelas sumbernya juga berita-berita bernuansa negatif, sebaiknya pilih berita atau informasi yang memang Anda perlukan.

Kadang orang kerap mengikuti perkembangan informasi. Karena ada ketakutan ketinggalan zaman atau kurang update (kudet). Padahal saat informasi terlalu banyak, malah akan menimbulkan stres. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Kelima, berkabar dengan orang terdekat. Tak bisa dimungkiri, bahagia terasa saat bisa berjumpa dengan orang-orang terkasih. Hanya saja, perjumpaan ini musti terkendala pandemi. Sehingga mau tak mau orang harus memanfaatkan teknologi dan berjumpa secara virtual.

iduladha dprd kaltim

Tetap jaga relasi dan komunikasi sesederhana dengan menanyakan kabar via pesan teks. Bertukar kabar, bercerita atau curhat, sekadar bercanda bisa melepas stres sekaligus rindu. Hal ini pun bisa menunjukkan perhatian pada orang-orang terdekat dan memberikan seulas senyum.

Keenam, bersyukur. Bersyukur bisa menaikkan mood. Studi membuktikan praktik bersyukur mampu meningkatkan harapan dan kebahagiaan. Anda bisa memulai dengan menuliskan satu atau dua hal yang disyukuri. Misal santapan makan siang yang enak atau bisa bercerita keluh kesah pada sahabat lewat telepon. Kadang tidak harus ditulis. Anda cukup mengingat dan bersyukur akan hal-hal yang dialami hari ini.

Mulai dari sini, perhatikan hal-hal kecil dan biasanya disepelekan tiap hari. Kemudian syukuri hal-hal besar yang terjadi. Latihan sederhana ini akan membuat Anda makin peka akan hal-hal sekitar. Makin banyak bersyukur dan bahagia.

Ketujuh, menarik napas dalam. Saat stres, tubuh terutama pundak jadi tegang. Bercampur rasa tertekan. Seperti ingin berhenti dan menyerah. Agar lebih kalem, coba untuk ambil napas panjang dan dalam. Napas secara mendalam bisa meredakan stres dan ketegangan.

Langkahnya sederhana. Yakni tutup mata dan bayangkan memori indah atau menyenangkan. Tarik napas panjang lewat hidung. Lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Ulangi proses ini hingga Anda merasa lebih tenang. Kalau merasa kesulitan menarik dan menghembuskan napas perlahan, bantu dengan hitungan. Misal tarik napas dalam lima hitungan. Lalu hembuskan lima hitungan pula. (cnn/qn)

Sumber: 7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Buat Anda Bahagia

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: