alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Orangtua jadi Kunci

Menekan Angka Kriminalitas Anak

TANJUNG REDEB, DISWAY – Kerusakan rumah tangga (broken home) dan lingkungan, menjadi faktor tertinggi penyebab anak melakukan tindak kriminal. Di tahun 2020, tercatat 10 anak berhadapan dengan hukum.

Kanit Perindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Berau, Ipda Siswanto mengungkapkan, rerata tindak pidana yang menjerat anak-anak, yakni kasus pencurian dan narkotika. Perilaku melawan hukum itu, karena minimnya pendidikan atau kasih sayang orangtua.

“Serta faktor lingkungan, terutama dari teman-temannya bermain,” ujarnya kepada Disway Berau, Jumat (19/3).

Untuk penanganan kasus yang melibatkan anak, tergantung bentuk kejahatan yang dilakukan, mulai dari tindakan pembinaan hingga penahanan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kalau pelanggaran berat, seperti mencuri atau narkoba akan dilakukan tahan. Tentu proses hukumnya berbeda,” tururnya.

Siswanto berharap, agar anak-anak di Kabupaten Berau bisa mendapatkan pendidikan yang layak sebagai penerus atau generasi bangsa. Terutama, peran orangtua menjadi kunci utama dalam membangun karakter anak yang baik dan benar.

“Anak yang perlu pengawasan lebih dan tidak memiliki orangtua, akan kami bawa ke yayasan untuk mendapatkan bimbingan untuk jadi lebih baik,” ungkapnya. *DEW/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply