alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Kolaborasi DPU dan Distanak Bangun Embung Pertanian

Kukar, nomorsatukaltim.com – Menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Kartanegara terus ditarget, dalam peningkatan dan pembangunan infrastruktur. Meskipun di tengah anggaran yang sedikit “seret” karena kondisi pandemi COVID-19. Tetap dituntut kerja ekstra.

Di samping ditarget membangun infrastruktur dan jalan interkoneksi antar kecamatan, hingga keringat desa. DPU Kukar juga ditarget terkait dukungan peningkatan pertanian dalam arti luas di Kukar. Tentunya bersama-sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Yakni melakukan peningkatan irigasi untuk pertanian dan sumber daya airnya. Kepala DPU Kukar Muhammad Yamin mengatakan, DPU Kukar diminta untuk mendukung arah kebijakan yang coba dilakukan Distanak Kukar. Terkait pengembangan sistem pertanian di Kukar.

Sejumlah kecamatan yang perlu koordinasi dan kerjasama kedua OPD teknis ini. Yang memang menjadi titik fokus pertanian di Kukar. Sebut saja Kecamatan Loa Kulu, Tenggarong Seberang, Kecamatan Sebulu, Kecamatan Muara Kaman, dan Kecamatan Samboja.

“Nanti kita menyatu sama Dinas Pertanian, mana pertanian-pertanian yang butuh cadangan air lebih banyak dalam rangka meningkatkan produksi pertaniannya,” ujar Yamin pada awak media belum lama ini.

Yamin mengatakan, berdasarkan program Bupati Kukar. DPU Kukar bersama Distanak Kukar bakal membangun 120 embung air. Baik membangun embung air baru, maupun memanfaatkan void bekas aktivitas tambang. Terlebih di Kukar banyak void tambang yang menganga.

Nantinya void tersebut dimanfaatkan air yang memenuhi sebagai bahan baku airnya. Namun diakui Yamin masih dalam tahap koordinasi dengan dinas terkait. Agar program tersebut bisa tepat sasaran.

“Karena biaya bangun embung itu kan mahal, supaya nggak salah arah,” tutup Yamin lagi. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply