alexa
disway ntt malang

Di Balikpapan, 159 Calhaj Lansia Masuk Prioritas Vaksinasi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com –  Jemaah calon haji (calhaj) lanjut usia (lansia) menjadi prioritas penerima vaksinasi Sinovac. Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan Rizal Effendi menyebut,  calhaj lansia asal Balikpapan berjumlah 159 orang.

“Jadi kalau ada sanak saudara yang usianya 60 tahun, yang kemarin pemberangkatan hajinya tertunda akan kita vaksin. Karena memang, mudah-mudahan tahun ini bisa mengikuti pelaksanaan haji,” ujar Rizal, saat meninjau pelaksanaan penyuntikan vaksin kedua untuk pedagang Pasar Klandasan, Jumat (12/3).

Ia menyebut, pemerintah Arab Saudi juga sudah mengeluarkan kebijakan  syarat vaksinasi bagi calhaj yang akan bertolak ke Tanah Suci tahun ini.

Kebijakan itu disebut sebagai angin segar bagi umat muslim, khususnya para calhaj asal Balikpapan yang tertunda perjalanan hajinya di tahun 2020. “Jadi beritahukan sanak keluarga bagi yang belum diundang (vaksinasi),” katanya.

Diketahui, calhaj asal Balikpapan 2021 berjumlah 527 orang. Sebelumnya, jadwal keberangkatan mereka terancam tertunda. Lagi-lagi disebabkan kondisi pandemi yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhirnya.

Rizal menyebut, satgas akan memulai vaksinasi tahap kedua dengan menyasar para lansia, Rabu (17/3) pekan depan. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply