alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Misa Syukur Telah Dilantik Bupati dan Wabup Mahulu

Mahulu, Nomorsatukaltim.com – Tepat pukul 17.00 Wita, Senin (8/3/2021), di Gereja Katolik Santo Petrus, Paroki Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), dilaksanakan Misa Syukur atas dilantiknya pasangan Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) periode 2021-2024.

Bupati Bonifasius Belawan Geh hadir didampingi istrinya Yovita Bulan Bonifasius, dan juga Wabup Yohanes Avun didampingi istrinya Anastasia Dang Avun.

Misa syukur dipimpin oleh Reverendus Dominus (RD) Ignatius Ding Jenau. Dia juga memimpin doa syukur untuk keselamatan Bupati dan Wabup serta keluarga. Juga bagi kelancaran pembangunan, serta masyarakat Mahulu.

“Temanya, Kebersamaan Dalam Semangat Membangun Masyarakat Mahulu Sejahtera Untuk Semua. Sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati membangun Mahulu untuk semua,” urai RD Ignatius Ding Jenau.

Usai Misa Syukur, pada pukul 20.00 Wita Bupati Bonifasius Belawan Geh bersama Wabup Yohanes Avun menghadiri acara ramah tamah di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang. Hadir pula Sekkretaris Kabupaten (Sekkab) Stephanus Madang. Juga Kapolres Kubar AKBP Irawan Yuli Prasetyo, Dandim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Efendi, Kepala Kejari Kubar, Kepala Pengadilan negeri Kubar, Kepala Kantor Kemenag Wilayah Mahulu, Komandan Satgas Pamtas Yonif 614/Rjp, para kepala OPD dilingkup Pemkab Mahulu, Wakil Ketua I DPRD Mahulu Tiopilus Hanyeq dan juga Ketua Komisi III DPRD Mahulu Bo Imang, Ketua DPD KNPI Mahulu, para timses dan ketua parpol pengusung dan pendukung Boni-Avun dalam Pilkada 2021, para tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

Sebelum acara seremonial, dihadirkan diatas panggung Grup Sapeq Putra Daerah dibawah Pimpinan Wabup Yohanes Avun. Dalam kesempatan itu, didaulat Bupati Bonifasius Belawan Geh naik keatas panggung, berkolaborasi memainkan alat musik Sapeq bersama Wabup.

Tampak Bupati Bonifasius Belawan Geh dengan kepiawaiannya memainkan alat musik Sapeq tersebut sekira 20. Dalam ramah tamah itu juga ditayangkan video prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mahulu periode 2021-2024.

“Terimakasih yang mendalam serta apresiasi yang tulus kepada seluruh lapisan masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk memimpin Mahulu demi kemajuan bersama,” ungkap Bupati mengawali pidato pertamanya pasca datang dari Samarinda, didampingi Wabup Yohanes Avun.

Bupati menambahkan, dia bersama wabup siap memegang dan menjaga mandat dan kepercayaan masyarakat.
“Tetap berpedoman pada aturan perundangan yang berlaku,” ucapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Mahulu dan jajaran. Karena telah mampu menyelenggarakan pelaksanaan Pilkada Mahulu 2020.

“Berupa penetapan kami berdua sebagai pemenang Pilkada 9 Desember 2020. Seluruh rangkaian Pilkada Mahulu 2020 damai, aman dan tertib,” tegasnya.

Kepada jajaran Polri dan TNI, Bupati juga menghaturkan terimakasih dan penghargaan. Berkat kerja keras dan cerdas Polri dan TNI, kondusifitas kamtibmas selama pilkada Mahulu terjaga.
“Juga kepada jajaran pengurus parpol yang berpartisipasi mengedukasi politik, sehingga pilkada berjalan demokratis, aman dan tertib,” tegasnya.

Terhadap seluruh jajaran Tim Sukses Boni-Avun mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan kampung, disampaikan terimakasih dan penghargaan.
“Dukungan dan bantuan akan dikembalikan kepada seluruh warga masyarakat dalam bentuk kinerja maksimal berdua,” ungkap Bonifasius.

Bupati juga mengatakan, pemilukada suatu arena kompetisi sementara. Yang harus berlanjut yaitu persatuan, kesatuan, dan silaturahmi.

Bonifasius juga menyampaikan pokok rencana strategis yang akan dia lakukan bersama Wabup Yohanes Avun dalam memimpin Pemkab Mahulu hingga 26 Februari 2024 mendatang.
“Melanjutkan semua program unggulan yang sudah dirancang sejak tahun 2016 lalu. Yakni dengan pembenahan birokrasi di Pemkab Mahulu,” urainya.

Selanjutnya, kata Bupati, menata ulang penyelenggaraan pemerintahan kampung, agar unsur kepala kampung dapat menyatu dengan unsur Badan Permusyawaratan Kampung.

“Selama ini saya sebagai Bupati menemukan antara Petinggi dengan BPK sering berjalan berbeda arah, bahkan saling bertabrakan. Gejala ini harus dihentikan,” bebernya.

Juga pembenahan pemerintahan kecamatan agar mampu berfungsi sebagai perwakilan pemerintahan daerah dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan.
“Kepada Asisten 1 dan Kadis DPPMK Kami instruksikan segera menuntaskan penyelesaian Perbup tentang Pendelegasian Sebagian Kewenangan OPD tertentu kepada camat,” ucapnya.

Termasuk peningkatan kesejahteraan petani. Mengembangkan bantuan permodalan, juga penataan dan peningkatan pelayanan pendidikan yang bermutu, merata dan berkeadilan.
“Serta penataan dan peningkatan pelayanan kesehatan gratis yang berkualitas dan manusiawi,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan, bersama Wabup dia akan melanjutkan peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan, pariwisata dan aksesibilitas wilayah.
“Melanjutkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi potensi sumber daya daerah, berbasis pemberdayaan masyarakat,” tandasnya.
Bupati juga mengatamakan, paling utama yang akan dilakukannya bersama Wabup Yohanes Avun, adalah melakukan penanganan memutus rantai penularan pandemi COVID-19 di Mahulu. Sehingga daerah itu dapat kembali menjadi zona hijau terbebas dari pandemi mematikan itu.

Untuk diketahui, baik didalam Misa Syukur di gereja maupun ramah tamah di Balai Adat Ujoh Bilang, prokes COVID-19 diberlakukan sangat ketat, selain penerapan wajib gunakan masker dan handsanitizer, juga jarak dan jumlah undangan dibatasi. Acara dilakukan sangat sederhana. (adv/imy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply