alexa
disway ntt malang

Seleksi Pimpinan BUMD, Komisi II Harap Transparan

Samarinda, Nomorsatukaltim.com– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membuka pendaftaran seluas-luasnya bagi profesional yang ingin mengikuti seleksi sebagai Badan Pengawas/Komisaris Independen dan Direksi BUMD.

Ada kurang lebih 6 Pimpinan BUMD milik Pemprov Kaltim dengan 15 jabatan yang dapat diisi yakni 1 jabatan untuk Badan Pengawas/Komisaris Independen di Perusda Bara Kaltim Sejahtera. Sedangkan 14 jabatan Pimpinan BUMD akan diisi masing-masing 2 Direksi PT Jamkrida Kaltim.

Kemudian, 3 Direksi PT Migas Mandiri Pratama, 3 Direksi PT Ketenagalistrikan Kaltim, 1 Direksi Perusda Sylva Kaltim Sejahtera, 3 Direksi Bara Kaltim Sejahtera dan 2 Direksi Melati Bhakti Satya.

Syarat lainnya, memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah, manajemen perusahaan, menyediakan waktu yang cukup, berijazah paling rendah S1 dan berusia paling tinggi 60 tahun pada saat diangkat.

Mereka yang mau mengikuti seleksi calon Pimpinan BUMD, selain harus memenuhi persyaratan seperti disyaratkan untuk menjadi dewan pengawas, para calon pendaftar juga masih harus memenuhi persyaratan lainnya.

Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim, diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang perusahaan yang dilamar. Berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun pada saat mendaftar.

Syarat lain yang juga harus diperhatikan setiap pendaftar adalah tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara dan keuangan daerah, serta tidak sedang menjalani sanksi pidana.

Bagi Pimpinan BUMD yang sudah menjabat dua periode, tidak diperkenankan mendaftar, kecuali untuk jabatan direktur utama. Demikian juga direktur utama yang sudah dua periode tidak diperkenankan mendaftar di perusahaan yang sama. Nantinya, bagi peserta yang lulus tiga besar harus melampirkan sertifikasi manajemen risiko.

Menanggapi telah dibukanya seleksi calon Petinggi di Perusahaan plat merah milik Pemprov Kaltim anggota Komisi II DPRD Kaltim dari fraksi Gerindra, H Akhmed Reza Fachlevi, mengatakan kepada siapapun nanti yang terpilih harus dapat membawa perusda tersebut kearah yang lebih baik tentunya sehat di semua sektor perusada itu sendiri.

“Kami berharap yang dijaring dan pada saat nanti terpilih harus bisa membawa perusda ini lebih baik kedepannya,tentunya yang ikut dalam seleksi ini sudah punya visi misi atau gambaran bagaimana Perusda atau BUMD ini kedepannya akan dibawa kemana dan seperti apa.Jangan sampai tidak ada target target yang ditetapkan oleh Pemprov Kaltim yang tidak bisa tercapai,”ujar Reza sapaan karibnya kepada awak media, Senin (8/3/2021) kemarin.

Politisi muda Gerindra yang baru saja dilantik sebagai Ketua PD Tidar Kaltim ini juga menyampaikan jika tugas BUMD salah satunya adalah mencari keuntungan demi meningkatnya pendapatan asli daerah sehingga mempunyai arah yang jelas.

“Tugas Pimpinan BUMD salah satunya adalah mencari keuntungan dan menambah PAD untuk daerah tentunya orang orang dari kalangan profesional.Selama ini kan kita ketahui juga bagaimana kinerja Perusda atau BUMD milik Pemprov Kaltim yang kinerjanya tidak tranparan yang disampaikan kepada publik,”imbuh Reza anggota DPRD Kaltim yang terkenal dekat para ulama dan Habaib ini.

Reza sangat berharap dalam seleksi calon petinggi Perusda lebih mengutamakan transparan dan integritas tinggi demi Perusda yang mandiri dan menguntungkan untuk daerah bukan menjadi tempat menampung pejabat atau kroni pejabat lainnya jadi betul betul yang profesional.

Dalam hal ini bercermin dari petinggi yang telah lalu dari yang saat ini ada yang menginap di hotel prodeo hingga perusda yang sama sekali tidak sehat dalam menyumbang PAD bagi Pemprov Kaltim.

Disisi lain Reza juga meminta kepada Pemprov Kaltim untuk penguji dari kalangan profesional dan jika dapat juga melibatkan DPRD Kaltim dalam hal ini Komisi II.

“Seharusnya penguji seleksi ini dari kalangan profesional,Pemprov dan kalau bisa DPRD khususnya Komisi II dilibatkan,”pungkas pria dengan senyum khasnya.(Adv/top)

dprd kaltim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply