alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Tingkatkan Produksi dengan Petani Milenial

TANJUNG REDEB, DISWAY – Bidang Pertanian Dinas Peternakan dan Pertanian Berau berusaha meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya padi.

Upaya yang dilakukan adalah membina petani milenial. Kepala Bidang Pertanian, Dinas Peternakan dan Pertanian Berau, Sulkifli N optimistis. Dengan petani milenial, produksi akan lebih meningkat.

Alasannya, lebih mudah mengakses informasi dan teknologi pertanian modern. “Sudah dibentuk di Kampung Campur Sari. Ada 25 orang dalam satu kelompok. Akan terus dibina. Harapannya, setiap kampung ada kelompok petani milenial,” ujarnya, Jumat (5/3).

Pembinaan yang dilakukan, tambah Sulkifli, yaitu mengelola tanah, pembibitan dan proses pengolahan hingga panen.

“Harapannya, petani milenial memproduksi semua komoditi pertanian. Tidak hanya padi. Juga jagung, kedelai, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kacang hijau, dan porang,” harapnya.

Saat ini, ungkap Sulkifli, sebagain besar petani di Berau sudah panen. Dari sampel yang ada, diprediksi hasil panen tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Sampel sekitar 5 sampai 7 ton per hektare. Tahun lalu tidak sampai segitu” imbuhnya. Sulkifli menyebut, meski terkendala dengan curah hujan tinggi, tidak menyurutkan semangat petani melakukan panen padi.

Pemkab Berau, katanya, menyiapkan alat memudahkan proses panen. Hampir di semua kecamatan. “Itu di luar bantuan bibit, pupuk dan pembasmi hama,” tuturnya. (DEW)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply