alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Amer Datang, Skuat Borneo FC untuk Piala Menpora 2021 Komplet

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Bergabungnya duo asing Javlon Guseynov dan Amer Bekic di sesi latihan reguler. Membuat skuat Borneo FC Samarinda untuk Piala Menpora 2021 komplet sudah. Hanya minus Nuriddin Davronov yang memang tidak akan ambil bagian di turnamen pra musim tersebut.

Dari pantauan nomorsatukaltim.com di Stadion Segiri Samarinda pada Kamis 4 Maret pagi. Total 32 pemain terlibat dalam latihan yang masih dipimpin Ahmad Amiruddin itu. Dengan rincian 18 pemain utama, dan 14 pemain muda dari akademi.

Sejak awal, pemain dibagi menjadi dua tim. Pemain utama memulai dengan latihan fisik. Di sisi selatan lapangan. Sementara pemain muda langsung menjalani gim internal. Memanfaatkan sepertiga lapangan.

Yang berbeda dari latihan kali ini adalah semua pemain utama difokuskan pada pola peningkatan fisik. Lebih dari dua jam Diego Michiels cs melahap berbagai variasi latihan fisik. Mulai dari jogging keliling lapangan, lari zig zag, squat jump, pull up, serta gerakan peningkatan otot lainnya.

Termasuk shuttle run dan sprint jarak pendek. Dilakukan berulang seperti melompat melewati halang rintang juga dilakukan bertahap.

Berbagai program peningkatan fisik ini memang sengaja digenjot oleh tim pelatih. Pasalnya ketika baru bergabung ke tim. Mayoritas level fisik pemain berada di bawah 50 persen. Sementara Piala Menpora tak lama lagi digelar.

Jika pemain utama diberi pola latihan yang bikin ngos-ngosan. Berbeda halnya dengan yang terjadi di sisi lain lapangan. Para pemain akademi dan beberapa skuat muda tampak bersenang-senang dalam gim internal.

Sekilas, peningkatan feeling ball sudah mulai terlihat. Kontrol bola dan operan sudah mulai akurat. Pun dengan tembakan ke arah gawang. ‘Messi’ Sihran dan Arya Gerryan berulang kali saling balas bikin gol. Bikin tensi latihan semakin menghangat.

Peningkatan juga dialami oleh deretan belakang. Sorotan besar tentu tertuju pada Komang Teguh. Yang beberapa kali membuat pergerakan bagus melalui tekel bersih dan intersepnya.

Peningkatan program latihan fisik ini sendiri karena sudah bergabungnya Marcos Gonzales. Pelatih fisik tim yang terlambat datang beberapa hari. Setelah mendapat laporan peningkatan fisik dari Amiruddin. Tim pelatih pun membagi dua kelompok. Marcos memimpin pemain senior berlatih fisik. Sementara Amir mengawasi pemain muda sembari memberi materi taktikal tipis-tipis.

“Hari ini latihannya memang terbagi dua ya, karena Coach Marcos juga sudah gabung, jadi untuk sementara supaya waktunya bisa terkontrol.  Satu grup fisik dan satunya lagi grup taktikal,” kata Amir usai pimpin latihan.

“Ini cuma pembagian sementara saja, biar lebih teratur teknisnya. Semua bisa jalan beringingan. Dari hasil semua laporan tim pelatih sih oke. Marcos senang dengan progres fisik pemain dengan latihan seminggu ini, belum ideal tapi lumayan ada peningkatan,” tambahnya.

Sementara progres juga ditunjukkan oleh para pemain muda. Dalam hal teknik dan pemahaman taktik. Terbukti dari gim internal kali ini. Pemain sudah tampak tidak kagok lagi. Dan mulai memahami peran masing-masing di lapangan.

“Mungkin mereka sudah faham karena memang itu area mereka ya. Mereka kuat dan berani, agresifitas  mereka harus menjadi kelebihan. Secara umum lumayan cukup ada peningkatan. Tapi ini tekanannya masih dalam tahap internal ya, belum seperti pertandingan resmi. Mereka harus meningkatkannya lagi,” terangnya.

“Semua barisan kami rasa ada progresnya, secara umum semua pemain dari barisan belakang tengah depan ada. Alhamdulillah mulai ada peningkatan,” pungkasnya.

Menu latihan di hari selanjutnya dipastikan akan mengalami penyesuaian lagi. Karena sejak Kamis sore. Pelatih kepala Mario Gomez sudah memimpin latihan. Setibanya pria Argentina itu di Samarinda. Usai menyelesaikan masa karantinanya di Jakarta.

“Hari ini Mario Gomez langsung memimpin latihan, dia datang jam 1 siang tadi,” kata manajer klub Farid Abubakar pada sore harinya.

Selain komposisi pemain yang komplet. Jajaran tim pelatih pun sudah lengkap. Mario Gomez akan kembali menjadi nakhoda utama. Berbekal laporan dari Ahmad Amiruddin dan staf pelatih lainnya. Sementara Marcos Gonzales juga bisa lebih intens menggenjot fisik. Dilengkapi kehadiran pelatih kiper untuk menggembleng secara terpisah Gianluca, Angga, Zulfikri, dan Rizky.

“Ya komposisi semakin lengkap ini semoga persiapan kita semakin lancar jelang Piala Menpora nanti. Terus juga ada pelatih kiper Jorge yang juga sudah tiba,” lanjut Farid.

Bicara komposisi pemain, skuat Borneo FC Samarinda saat ini terbilang sudah komplet. Semua lini sudah terisi. Jika pun ada tambahan pemain anyar. Diperkirakan akan ada tambahan pemain di posisi penyerang tengah. Sebagai pelapis Amer Bekic yang tentu membutuhkan adaptasi.

“Untuk tambahan pemain, kita lihat dalam beberapa hari kedepan seperti apa,” pungkas Farid Abubakar. (frd/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply