alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

PSSI Balikpapan Gencarkan Pembinaan Wasit Wanita

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Wasit wanita saat ini menjadi fenomena baru di dunia sepak bola. Bahkan mereka sudah mulai diberi tempat untuk memimpin pertandingan sepak bola putra. Indonesia tentu tak mau ketinggalan dari Eropa yang sudah lebih dulu memperdayakan perangkat pertandingan wanita. Pelatihan untuk mereka mulai digalakkan.

Termasuk di Balikpapan yang sudah mempunyai sekira 20 wasit wanita. Mereka mulai unjuk gigi dengan menjadi perangkat pertandingan. Setidaknya dimulai dari hakim garis terlebih dahulu. Mengingat mereka masih terbilang muda dan baru mengikuti pelatihan wasit.

Ketua Komite Wasit Askot PSSI Balikpapan Najamuddin Aspiran menjelaskan pembinaan wasit wanita baru berjalan dua bulan. Sebagian besar wasit wanita masih berstatus pelajar. Sebelum turun ke lapangan mereka diberi pembekalan berupa materi.

“Sudah berjalan dua bulan terakhir. Karena pandemi jadi kadang kita tidak rutin. Malam teori dari Warsito, praktek dari saya,” ujar mantan wasit FIFA itu, Rabu (3/3/2021).

Ditambahkan Najamuddin, peluang mereka untuk ke jenjang nasional hingga internasional pun cukup terbuka. Apalagi sementara ini sangat dibutuhkan wasit wanita. Saat ini ke 20 wasit wanita itu mengantongi lisensi C3 yang hanya bisa memimpin pertandingan lingkungan Askot PSSI Balikpapan. C2 untuk provinsi dan C1 untuk pertandingan nasional atau liga Indonesia.

“Makanya mereka juga saya tekankan untuk perdalam lagi bahasa Inggris supaya bisa jadi wasit FIFA. Kalau saya melihat mereka sangat antusias. Ketika diberi materi cepat paham,” tambahnya.

Serly Julianti mengaku sangat tertarik dengan menjadi wasit wanita. Bertugas di lapangan menurutnya tidak mesti jadi pesepakbola. Memang saat ini dia juga salah satu pemain klub Juve Bella Balikpapan. “Seru aja bisa jadi wasit. Walaupun pertama-tama masih hakim garis dulu. Sulit sebenarnya dipraktikkan. Tapi tidak masalah,” katanya.

Wasit wanita di Balikpapan bakal jadi pemandangan baru. Mereka nantinya akan terus diberikan kesempatan memimpin pertandingan besar seperti turnamen dan agenda Askot PSSI Balikpapan lainnya. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply